Motor Pesaing CBR250R

Share

Di zaman sekarang ini, sepeda motor sudah tidak lagi mengusung mesin berukuran kecil (kurang dari 100cc). Pesatnya perkembangan teknologi mesin, membuat produsen berani menghadirkan mesin berkapasitas besar di atas 125cc.

Salah satu produsen sepeda motor asal India, Hero Motorcycles juga ikut meramaikan dunia otomotif, dengan menghadirkan motor bermesin 250cc. Dilansir dari Indianautosblog, Kamis 9 April 2015, model terbaru mereka, HX 250R, menawarkan fitur yang diklaim pertama kalinya diaplikasikan pada motor jenis sport berkapasitas 250cc.

HX 250R baru akan dipasarkan di India, beberapa bulan lagi. Namun, para pecinta kendaraan roda dua sudah tidak sabar ingin mengetahui kemampuan dari pesaing Honda CBR 250R ini. Meski sama-sama bermesin 250cc, namun HX 250R dibekali dengan fitur untuk mengubah karakter mesin.

Untuk bisa melakukan hal ini, insinyur Hero Motorcycles menggunakan dua Engine Control Unit, atau ECU. Pertama, dirancang untuk perjalanan santai, di mana bahan bakar yang masuk ke mesin diusahakan sesedikit mungkin.

Bila pengendara mengaktifkan ECU yang kedua, karakter mesin akan berubah menjadi lebih bertenaga. Pengapian dan sistem injeksi akan bekerja optimal membakar bensin sebanyak-banyaknya, demi meraih tenaga besar.

Mesin yang digunakan hanya memiliki satu silinder dan sudah dilengkapi dengan pendingin cair. Mesin ini bekerja sama dengan transmisi manual enam percepatan dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 31 daya kuda.

Uniknya, perusahaan yang kerap bekerja sama dengan Honda ini mengembangkan mesin HX 250R tanpa bantuan sama sekali dari Honda. Mereka memiih untuk menggandeng Erik Buell Racing, rumah modifikasi motor asal Amerika Serikat, yang terkenal dengan produk-produk berperforma tinggi.

Motor ini rencananya akan dibanderol seharga 160 ribu Rupee, atau setara dengan Rp33,3 juta. Selain India, HX 250R juga akan dipasarkan di Eropa, Amerika Selatan dan Afrika. (asp)

 

 
Motor Pesaing CBR250R was last modified: December 21st, 2015 by George Sitompul
Share
tags: injeksi, mesin, service