Menangani Mesin Diesel Mati Mendadak Karena Kehabisan Solar

Share

Xlusi.com – Terkadang kita terkendala dengan mobil diesel kita kehabisan bahan bakar solar, dan akibatnya mesin diesel kita masuk angin atau anginan akhirnya bisa menyebabkan mesin mati mendadak dan tentu saja sebelum solar ditangki benar-benar habis akan terjadi suatu hal yang biasa disebut mesin diesel anginan.

Terjadinya mesin diesel anginan diakibatkan karena ujung pipa saluran bahan bakar yang ada ditangki bahan bakar tidak terendam sepenuhnya oleh solar sehingga masuk udara, terutama jika solar didalam tangki sudah mulai menipis dan terkena goyangan kendaraan saat jalan.

Mesin diesel anginan dalam hal ini bisa terjadi untuk mobil diesel yang tidak terdapat suplai pompa pada tangki bahan bakar seperti contoh kijang innova diesel, toyota hilux diesel atau pun toyota fortuner diesel, dimana untuk menghisap solar dari tangki memanfaatkan kevacuuman dari hisapan pompa solar atau suplai pump pada mesin.

Beda halnya seperti ford ranger commonrail diesel yang menggunakan pompa didalam tangki, pompa didalam tangki bahan bakar digunakan untuk menaikan solar dari tangki menuju rumah filter solar atau fuel filter.

diesel common rail

Cara Memastikan Mesin Diesel Mati Mendadak Karena Kehabisan Solar

Berikut adalah cara sederhana mengetahui penyebab mesin mobil diesel mati mendadak karena kehabisan solar, toyota hilux diesel, toyota kijang innova diesel mati mendadak karena habis solar atau Toyota fortuner mati mendadak karena habis solar.

1. Cek Indikator bahan bakar di panel spidometer apakah normal ataukah tidak, untuk kita yang sudah terbiasa membawa kendaraan ini tentu saja akan hafal pada level berapa harus sudah isi ulang solar agar tidak sampai kehabisan. Pengalaman yang pernah saya temui toyota fortuner amper minyak masih setengah tetapi mesin mati mendadak karena solar habis, sehingga munculah analisa beragam tentang penyebabnya sampai kendaraan ini ditarik ke bengkel kawan. Toyota kijang innova diesel amper minyak mendekati E (belum sampai lampu indikator minyak menyala) mesin mati mendadak juga karena kehabisan solar dan mesin distarter terus sampai aki soak tetap tidak bisa hidup.

2. Cara kedua untuk memastikan penyebab mesin diesel mati mendadak dengan mengabaikan indikator bahan bakar di panel spidometer, seperti contoh pada innova diesel, hilux diesel atau fortuner diesel adalah:

A. Dengan cara memompa solar pada Priming Pump, jika saat dipompa tidak bisa keras berarti solar habis atau jika saat dipompa bisa keras kemudian mesin hidup akan tetapi tidak sampai satu menit mesin mati lagi, itu juga sama solar habis atau anginan.

B. Dengan cara menghisap solar pada slang bahan bakar yang menuju filter solar, jika saat dihisap (tidak boleh ditelan) terasa berat kemudian ada terasa ringan seperti menghisap udara, dipastikan solar habis.

Tips Mobil Diesel Commonrail Habis Solar

Setelah diketahui bahwa penyebab mobil diesel mati mendadak karena kehabisan solar, berikut beberapa tips atau cara menghidupkan mesin diesel masuk angin atau kehabisan solar, agar tidak menimbulkan masalah baru seperti aki soak ketika mobil mogok di jalan.

1. Jangan terus distarter dan kalau bisa tidak perlu menyalakan lampu hazard agar aki tidak soak (ini kalau tidak yakin bahwa aki dalam kondisi prima), karena setelah solar diisi untuk menghidupkan kembali mesin mobil, diperlukan starter yang agak panjang supaya mobil bisa hidup.

2. Mesin diesel tidak bisa langsung hidup setelah tangki bahan bakar diisi solar yang cukup, bahan bakar solar harus dihisap dengan menekan pompa atau priming pump (gambar 1) diatas filter solar terlebih dahulu sampai tekanan pompa terasa keras yang memerlukan waktu agak lama untuk memompa mengingat slang bahan bakar dari tangki masih penuh dengan udara dan perlu starter agak panjang atau dua kali starter agar mesin bisa hidup kembali.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara penanganan mesin diesel karena kehabisan bahan bakar mesin diesel.

Menangani Mesin Diesel Mati Mendadak Karena Kehabisan Solar was last modified: August 5th, 2019 by George Sitompul
Share
Keywords : menyetel baut load solar l300, skema timer glow plug l300, cara stel klep l300, Cara kuras tangki mobil panther, fungsi baut load solar, manfaat kapur barus dicampur solar, Tanda top timing L300 solar, penyebab gerinda mati mendadak, kelistrikan L300, cara mengganti pelampung solar panther
tags: Mesin Diesel Mati Mendadak