Menangani Kerusakan Dinamo Stater Mobil

Share

Bahwa mesin pada mobil tidak bisa hidup dan berputar dengan sendirinya , walaupun campuran udara dan bensin dapat disalurkan ke dalam ruang bakar .oleh sebab itu suatu sistem yang dapat merubah enegi listrik menjadi energy mekanik yang berupa gerak putar, maka starter digunakan untuk memutar mesin mobil pertama kali sampai tercapai putaran tertentu hingga motor hidup

Starter sebagai penggerak mula untuk menghidupkan motor, terdapat beberapa jenis starter antara lain :

  • Starter tangan , digunakan pada gen-set kecil
  • Starter kaki, digunakan pada sepeda motor
  • Starter listrik, digunakan pada motor-motor dalam mobil
  • Starter udara tekan , digunakan pada motor diesel besar-besar Untuk dapat menghidupkan motor bakar, diperlukan putaran yang cukup

Putaran Stater 

Motor bensin
? Putaran starter
60 – 90 rpm
Motor bensin perlu putaran untuk menghisap bensin dan udara dengan campuran yang baik

Motor diesel tanpa pemanas
? Putaran starter
80 – 200 rpm
Perlun putaran yang cukup supaya temperature saat bahan bakar (solar) disemprotkan, mampu membakar solar tersebut

Motor diesel dengan pemanas
? Putaran starter
60 – 140 rpm
Sistem pemanas membantu temperatur saat solar dikabutkan sehingga mudah terbakar

Persyaratan Starter
Motor starter sebagai penggerak mula harus dapat mengatasi tahanan-tahanan motor, misalnya :
? Tekanan kompresi
? Gesekan pada semua bagian yang bergerak
? Hambatan dari minyak pelumas sewaktu masih dingin kekentalan masih tinggi
Pinion harus dapat mengait dan melepas pada roda penerus secara baik.

Pemeriksaan Sistem Starter

   

Jika baterai sudah tidak bermasalah maka coba start lagi. Bila motor starter tetap tidak mau bekerja dan hanya terdengar “tek”bunyi gerakan pinion tidak bisa masuk ke roda gaya maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Lepas terminal 50/St solenoid kemudian hubungkan dengan terminal B+baterai langsung. Jika motor starter bekerja dengan lancar maka gangguan terletak pada kabel pengendali antara terminal 50 kunci kontak dan terminal 50 solenoid (terjadi rugi tegangan akibat kabel sudah tua atau kunci kontak rusak). Atasi gangguan tersebut dengan memasang relai (dapat menggunakan relai biasa atau relai starter sepeda motor). Rangkaian sebagai berilkut :

 

 terminal stater
  • Jika motor starter tetap tidak dapat bekerja dengan baik berarti letak gangguan pada motor starter, pada motor starter dilakukan “Overhaul” untuk mengetahui letak gangguan.

Gangguan – gangguan pada motor starter:

Ø  Motor starter beputar berat saat dingin, kemungkinan letak gangguan pada sikat arang yang pendek atau terjadi hubung singkat pada kumparan stator dan ankeryang disebabkan karena bushing yang sudah terlalu aus sehingga anker bergesekan dengan sepatu kutup. Jika gangguan tersebut terjadi setelah perbaikan (Overhaul) maka kemungkinan gangguan terjadi karena terjadi perubahan jarak udara antara anker dan sepatu kutup yang melebihi 0,2 mm (kondisi terpasang).

Ø  Motor starter berputar berat saat panas, kemungkinan gangguan pada bushing yang sedikit aus sehingga saat panas menjadi longgar dan anker bergesekan dengan sepatu kutup. Kemungkinan lain adalah pada anker atau stator terdapat kotoran serbuk sikat arang yang saat dingin tidak terlalu bersifat penghantar tetapi saat panas bersifat penghantar listrik.

Ø  Motor starter baru dapat berputar setelah di “Start” beberapa kali, kemungkinan gangguan pada bagian komutator ada yang korosi atau solderan ujung kawat gulungan anker pada komutator ada yang kendor atau retak/lepas.

  • Motor starter tidak dapat langsung berputar dan hanya terdengar “tek-tek-tek-tek”, kemungkinan letak gangguan pada solenoid. Kumparan penahan putus, terjadi gerakan maju mundur pinion

 

Akibat sikat arang pendek

  • Akan terjadi bunga api antara sikat dan komutator sehingga menyebabkan ausnya komutator
  • Daya motor starter menjadi lemah motor berputar lambat/berat.
Menangani Kerusakan Dinamo Stater Mobil was last modified: May 28th, 2019 by George Sitompul
Share
Keywords : cara melepas dinamo starter motor f1zr, cara melepas dinamo starter motor vega r, cara melepas dinamo starter vega r new, cara melepas dinamo stater fiz, cara melepas dinano stater fiz r, cara membuka dinamo starter f1zr, cara membuka dinamo stater fizr, selahan vespa ngelos
tags: Kerusakan Dinamo Stater Mobil