Kupas Tuntas Kelebihan All Mazda2

Share

All New Mazda2, akhirnya diluncurkan di Indonesia. Berbagai fitur disematkan di sedan tak berbuntut yang satu ini. Meski telah membuka keran pemesanan, namun mobil yang dibanderol mulai dari Rp225 juta sampai Rp270 juta ini baru akan dikirim ke konsumen Desember mendatang.

Menurut Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana, bagi konsumen yang ingin membelinya, terlebih dahulu bisa melakukan tes drive di dealer Mazda yang tersebar di Indonesia.

“Karena yang ada di IIMS ini display, unitnya baru akan ada sekitar November, konsumen bisa tes drive. Khusus di Jakarta, nanti ada acara dari showroom Mazda,” jelas Astrid, saat ditemui di acara IIMS 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Lebih lanjut, Astrid juga menyatakan, dengan tes ajang tes drive All new Mazda2, konsumen bisa langsung merasakan dan menikmati mobil ini dengan kelebihan dan segala keunggulannya, baik dari teknologi hingga keamanan.

Skyactiv Technology

Mobil ini dilengkapi dengan fitur i-Stop memberikan kenikmatan berkendara tanpa batas dengan efisiensi bahan bakar.

Dengan mesin injeksi langsung, rasio kompresi sangat tinggi yaitu 13:0:1, didukung dengan terobosan teknis yang terdiri dari dual sequential valve timing, multi-hole injectors, cavity pistons, dan sistem pembuangan 4-2-1.

Dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan yang kompak dengan durasi lock-up yang panjang. Transmisi ini juga menciptakan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Mobil ini juga tersedia transmisi manual enam percepatan yang  menawarkan shift stroke sama pendek dan perpindahan yang positif serta ringan seperti pada Mazda MX-5.

Pada bagian Chassis, mobil ini mengaplikasikan Independent MacPherson Struts pada suspensi depan dan Torsion Beam pada suspensi belakang.

Bodi mobil diklaim lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan model sebelumnya, karena didukung pemakaian besi baja high-tensile dan ultra-high-tensile.

Belum lagi, bodi mobil ini disebut bisa melindungi penumpang dari kecelakaan dengan menyerap dan menyebarkan energi tumbukan secara efektif ke berbagai arah dalam struktur kendaraan sesuai dengan konsep multi-load path.

I-stop (idle-stop system) menghemat bahan bakar dengan secara otomatis menghentikan kinerja mesin di saat kendaraan sedang berhenti. Sistem restart ini bekerja dengan sangat halus dan hanya membutuhkan waktu singkat sekitar 0,35 detik.

Sistem keamanan

Hadir pula Advanced Blind Spot Monitoring System (A-BSM) yang mendeteksi dan mengingatkan pengemudi akan adanya kendaraan lain yang berjarak 50 meter. Sistem ini juga mampu mendeteksi kendaraan yang berada di area blind spot bagian belakang.

Hadir juga Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang mendeteksi dan mengingatkan pengemudi akan adanya kendaraan yang bergerak dari samping saat pengemudi sedang mengeluarkan kendaraannya dari area parkir.

Bahkan, adanya Smart City Brake Support (SCBS) dapat mengaplikasikan rem yang bekerja secara otomatis untuk menghindari, atau mengurangi benturan dengan kendaraan roda empat di depannya dalam kecepatan 4-30 kilometer/jam.

Lalu, ada juga Antilock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS,  Stop Signal (ESS), dan Hill Launch Assist (HLA).

Belum lagi, bagian depan telah disematkan dua buah SRS airbag, lalu ada juga 3-point seat belts, ISOFIX child seat anchors pada kursi bagian belakang.

All new Mazda2 juga dilengkapi High mount stop lamp yang berfungsi untuk memberikan peringatan bagi pengemudi lain yang pandangan akan lampu rem bagian kanan dan kirinya tertutup oleh kendaraan lain.

Belum sampai di situ, ada juga fitur Ring structure unibody construction, Power door locks with auto door lock system, Immobilizer and burglar alarm.

Untuk urusan hiburan, disematkan pula MZD Connect yang terintegrasi untuk menikmati web content (SNS dan radio internet), media sosial, dan musik yang terkoneksi Bluetoothm USB, AM/FM Tuner CD/DVD Player (MP3/WMA compatible), Internet radio integration (Aha™ Stitcher™) via Bluetooth.

 

Kupas Tuntas Kelebihan All Mazda2 was last modified: December 14th, 2015 by George Sitompul
Share
tags: All New Mazda2, injeksi, mesin, service