Cara Penyetelan Katup Dyna 130HT – Cepat dan Tepat

Share

Xlusi.com | Dalam perawatan berkala mesin diesel ada pekerjaan yang dinamakan penyetelan katup. Ini dimaksudkan untuk mengembalikan performa mesin menjadi kembali ke keadaan semula. Untuk penyetelan katup mesin diesel dilakukan disaat dirasakan suara mesin tidak seperti biasanya timbul suara kasar pada bagian atas mesin. Hal ini terjadi karena ketukan pada klep dengan celah yang longgar, hal ini perlu dilakukan pengencangan kembali setelan klep.

Berikut ini prosedur yang benar dalam menangani penyetelan mesin diesel Dyna 130HT

 Urutan langkah penyetelan klep adalah sebagai berikut:

 1. Buka dulu valve cover-nya. Yaitu pelindung klep, umumnya berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan yang ringan, berwarna putih.

Kalau Dyna 130HT baut valve cover-nya ada 6 buah, terletak di sisi kanan 3 buah dan sisi kiri juga 3 buah, bautnya ukuran 12mm.
Pada Toyota Dyna 130HT konstruksi mesinnya sama dengan Hino Dutro 130. Setelah valve cover-nya dibuka akan terlihat “templar” (pelatuk klep yang berjajar).

2. Menentukan silinder mana yang dalam posisi top.

 Posisi top adalah posisi silinder ketika katup hisap dan katup buang nya sedang tidak menyentuh ujung klep. Dari templar yang berjajar tadi ada yang katup hisap ada juga yang katup buang. Untuk Dyna 130HT dihitung dari depan:

 no. 1 katup hisap silinder 1
no. 2 katup buang silinder 1
no. 3 katup hisap silinder 2
no. 4 katup buang silinder 2
no. 5 katup hisap silinder 3
no. 6 katup buang silinder 3
no. 7 katup hisap silinder 4
no. 8 katup buang silinder 4

Dari katup no. 1 sampai no. 8 coba diperiksa katup manakah yang sedang tidak menyentuh ujung klep (pelatuk klep-nya bisa bergerak). Misalnya saja ditemukan pelatuk klep yang bisa bergerak ada di silinder 1 baik itu katup hisap maupun katup buangnya bisa bergerak semua, posisi seperti ini disebut sebagai “top 1″. Itulah cara menentukan silinder yang berada pada posisi top.

3. Stel klep yang silindernya dalam posisi top.
Setelah kita menemukan salah satu silinder yang posisinya sedang top maka klep pada silinder itulah yang di-stel. Bukalah mur pada baut setelan klep-nya, berupa mur ukuran 12mm, hanya dibuka saja tidak perlu sampai dilepas. Lalu putar baut setelan-nya menggunakan obeng.

stelan klep

Kemudian masukkan puller/puler ke dalam sela-sela antara ujung klep dan pelatuk-nya.

fuller

Pakailah ukuran puller 0,30 mm untuk katup hisap dan puller ukuran 0,45 mm untuk katup buang.

Setelah puller dimasukkan, kemudian putar lagi baut setelan-nya menggunakan obeng sampai menyentuh puller, aturlah supaya tidak terlalu seret dan tidak terlalu lepas. Kemudian jika sudah, putar kembali mur ukuran 12 mm sesuai arah putaran jarum jam untuk mengunci baut setelan-nya supaya tidak berubah. Bila katup hisapnya sudah disetel, lalu giliran katup buangnya juga disetel. Caranya sama saja, hanya ukuran puller-nya yang berbeda, katup buang ukuran puller-nya 0.45 mm.

 Setelah silinder yang nomor 1 klep-nya sudah disetel, berikutnya setel lah klep pada silinder yang nomor 3 (ingat urutan pembakaran 1-3-4-2, jadi setelah top 1 akan ke top 3) cara penyetelannya pun sama seperti pada silinder 1 tadi. Bila silinder 3 sudah maka selanjutnya silinder 4 dan selanjutnya lagi silinder 2. Cara penyetelan klep-nya sama saja seperti pada silinder 1 tadi.
4. Pasang kembali.

 Setelah semua silinder klep-nya telah disetel lalu pasanglah kembali valve cover-nya lalu coba nyalakan mesin dan pastikanlah tidak ada oli yang bocor dari valve cover-nya.
Cara Penyetelan Katup Dyna 130HT – Cepat dan Tepat was last modified: December 26th, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : stel klep fuso 6 silinder, setel klep fuso 6 silinder, ukuran klep dyna 130 ht, firing order nissan rf8, ukuran stel klep hino j08e, susunan botol klep grand max, ukuran celah klep corolla dx, cara setel klep xenia li, setelan celah klep ford everest, celah klep rino
tags: Penyetelan Katup Dyna 130HT