Yamaha Membuat Motor Seharga 6 Jutaan

Share

yamahaXlusi.com | Melalui Yamaha Project INDRA (Innovative and New Development based on Responsible Analysis), jenama Jepang itu akan menyediakan motor murah yang dibanderol 30.000 rupee atau sekira Rp 6 jutaan. Selain dipasarkan di India, motor tersebut dilaporkan akan dikirim ke sejumlah pasar, termasuk Indonesia?

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak bisa berkomentar terkait isu tersebut. Menurutnya, Yamaha memiliki strategi dan program yang berbeda-beda di setiap negara sesuai dengan pasarnya.

“Saya tidak punya informasi (soal proyek INDRA) karena tiap negara punya strategi yang berbeda-beda,” ucapMasykur melalui sambungan telepon.

Seandainya masuk ke Indonesia, motor yang dipatok Rp 6 jutaan tersebut itu pasti bakal menimbulkan banyak pertanyaan. Terlebih soal kualitas produk.

“Mungkin saja (masuk Indonesia). Cuma kami belum tahu kualitas produknya seperti apa, motor Yamaha harga Rp 6 jutaan juga belum tahu bentuknya kayak apa,” imbuh dia.

Meski harga jadi pertimbangan sebelum memasarkan sebuah produk, Yamaha, lanjut Masykur juga memperhatikan aspek kualitas. Di industri roda dua, fenomena motor murah pernah booming, tapi lambat laun tenggelam.

“Tahun 2000an itu pernah booming motor China yang harganya murah. Tapi lama-kelamaan seleksi alam berbicara. Dan soal motor murah Yamaha itu, saya nggak bisa komentar,” tuntas dia.

Dilansir Indianautosblog, motor ini berwujud motor sport yang didukung mesin tegak dengan kapasitas antara 100-110 cc dikawinkan transmisi manual empat percepatan. Pelaksanaan produksi dari proyek INDRA dilakukan pada manufaktur Yamaha di Chennai.

INDRA dipersiapkan untuk pasar domestik negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia itu. Selain itu, India Yamaha Motor selaku pihak agen pemegang merek juga berencana motor murah ini ke negara-negara Afrika.

Demi mendapat harga terjangkau, Yamaha menyunat beberapa fitur yakni tidak adanya starter elektrik dan hanya mengandalkankick starter untuk menghidupkan motor. Untuk menekan harga, motor murah Yamaha hanya menggunakan velg jari-jari dan rem tromol di kedua roda.

India Yamaha Motor bakal menjual motor murah ini seharga 30 ribu rupee atau sekira Rp 6 jutaan. Namun demikian, Yamaha bukanlah merek yang pertama memperkenalkan motor murah.

Sebelum Yamaha, Bajaj Auto telah menggarap motor seharga 40 ribu Rupee dalam model CT100. Bajaj Auto dikabarkan bakal menambah model di segmen yang sama dengan motor murah Yamaha seharga 31 ribu rupee atau sekira Rp 6,2 jutaan.

Yamaha Membuat Motor Seharga 6 Jutaan was last modified: February 3rd, 2016 by tompul
Share
tags: yamaha 6 jutaan