Trend Mesin Turbo Bensin 2018 dan Kelebihannya

Share

Xlusi.com | Untuk memikat konsumen saat ini sebagian besar pabrikan otomotif di dunia melakukan gebrakan dengan menghadirkan kendaraan berperforma tinggi, namun tetap irit dalam pemakaian bahan bakar.

Salah satu cara yang dilakukan yakni membenamkan perangkat turbocharger pada mesin kendaraan. Perangkat yang dulunya identik dengan mesin diesel itu kini mulai banyak ditemui pada mesin bensin.

Director of Corporate Strategy and Marketing Honeywell Indonesia, Dharma Simorangkir memprediksi, mobil dengan mesin turbo bakal jadi populer dalam waktu lima tahun mendatang.

turbo bensin

“Karena adanya regulasi dari pemerintah (mobil hemat bahan bakar), adanya kesadaran konsumen untuk memiliki kendaraan yang ramah lingkungan,” kata Dharma di Kemayoran, Jakarta.

Saat ini, sedikitnya ada 38 persen kendaraan di dunia yang telah menggunakan mesin turbo. Pada 2020, setidaknya 53 persen kendaraan akan mengusung turbo pada mesinnya. “Bakal banyak kendaraan penumpang bermesin turbo,” ujarnya.

Menurut Dharma, banyak keuntungan yang didapat dari kehadiran turbo. Pertama, efisiensi bahan bakar mesin turbo mencapai 40 persen di mesin diesel dan 20 persen di mesin berbahan bakar bensin.

Tak hanya itu, turbo juga dapat menekan tingkat emisi dan polusi udara. “Terakhir, dengan mesin turbo, performa kendaraan menjadi lebih meningkat,” katanya.

Kelebihan Mesin Turbo

Kelebihan mobil turbo dibanding mobil dengan mesin tanpa turbo adalah yang pertama jelas tenaga maksumum lebih besar, yang kedua ini masalah sensasi/ rasa mengemudi yang lebih fun dan memacu adrenaline. Sementara kekurangan mesin turbo adalah pertlu perawatan ekstra terutama pelumasan, kekurangan lain adalah perlunya beradaptasi dengan turbo mobil karena jika tidak maka hentakan turbo justru mengagetkan driver dan bisa berakibat fatal (terutama pengemudi cewek).
Sebenarnya apa mesin turbo itu? selengkapnya bisa dibaca di tentang mesin yang memakai turbo
Mesin turbo adalah mesin biasa yang dilengkapi dengan sebuah kipas untuk memasukkan udara yang lebih banyak pada ruang bakar sehingga pembakaran bisa lebih optimal, kelengkapan turbo yang baik adalah Turbo Charger dan Turbo Intercooler yang mana turbo charger berfungsi memasukkan udara sedangkan turbo intercooler berfungsi menyeimbangkan suhu agar mesin tidak terlalu panas akibat pasokan udara yang banyak.
Mesin turbo yang terpasang ini sedikit berbeda dengan mesin turbo yang digunakan untuk balap karena jika pada mobil balap modifikasi turbo bisa diaktifkan dengan menekan tombol/ panel turbo, akan tetapi pada kebanyakan mobil sekarang turbo akan aktif secara otomatis saat mesin berjalan pada kecepatan tertentu dan putaran (Rpm) mesin menyentuh angka tertentu. Tertentu ini berbeda-beda pada tiap mobil, bisa 4000 Rpm atau 3000 Rpm atau yang lain.
Pada kasus-kasus tertentu pembenaman turbo pada mobil tak hanya 1 turbo bahkan bisa sampai 4 turbo, wah hebat kan 4 turbo secara bersamaan aktif tenaganya juga naik dengan drastis :-)

Untuk teknologi turbo saat ini biasanya sesaat sebelum turbo aktif akan terjadi pengurangan tenaga, setelah itu tenaga/ akselerasi akan melonjak dengan cepat. Nah saat terjadi kekurangan tenaga ini disebut turbo lag, hal ini adalah hal biasa dan pecinta otomotif tak perlu merasa bahwa ada kerusakan..

Sedangkan cara mengetahui pada RPM berapa turbo aktif, pecinta otomotif perlu mencoba-coba denganmenginjak gas dan mencoba berbagai putaran mesin agar mengetahuinya dan tidak kaget saat melaju di jalan yang ramai.

Trend Mesin Turbo Bensin 2018 dan Kelebihannya was last modified: January 23rd, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : cara menyetel turbo isuzu elf, cara menyetel turbo hino lohan, cara menyetel turbo hino dutro, cara stel turbo to, cara setel turbo elf, skema rangkaian turbo timer, stel suara turbo dyna, cara nyitel turbo lohan, setel turbo elf, truk umplung pasang turbo
tags: Mesin Turbo Bensin 2018