Titik-titik Perubahan di Honda CR-V Generasi Ke Empat

Share

Seperti yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) dengan menghadirkan generasi keempat CR-V. SUV medium ini hadir dengan desain lebih menawan dan ditambah fitur baru. Lalu apa saja titik perubahan All New CR-V dibandingkan generasi terdahulunya?
Dimulai dari lampu depan yang lebih sporty, front grill, bumper depan, lampu belakang lebih dinamis dengan model melebar serta menjorok ke bagian bodi samping.

Kesan SUV premium juga ditimbul dengan adanya shark fin antena, yang biasanya memang dimiliki beberapa jenis mobil premium. Selain itu, SUV ini juga dilengkapi Smart Key System dan One Push Ignition.
Smart Key System, memudahkan pengemudi untuk membuka kunci kendaraan. Meski kunci disimpan di dalam saku, kunci akan terbuka secara otomatis ketika tangan berada di handle pintu.
Untuk menambah kesan mewah, handle pada tipe 2.4 liter menggunakan aksen chrome, sedangkan untuk jenis 2.0 liter tidak.
Sedangkan One Push Ignition berguna untuk menyalakan atau mematikan mesin hanya dengan satu sentuhan yang terletak di sebelah kiri stir kemudi. Ciri khas mobil premium pun melekat di mobil ini.
Beralih ke bagian interior. Lagi-lagi tipe termahal 2.4 liter memang memiliki fitur-fitur yang sangat mewah, wajar saja selisih harga 2.0 liter transmisi manual dengan 2.4 liter transmisi otomatis terpaut Rp45 juta.
Bagian dashboard dilengkapi fitur canggih berteknologi tinggi, yakni combi meter cluster dengan desain 3D Layer. Kemudian Multi LCD Display yang mampu menampilkan informasi odometer, Tripmeter, rata-rata konsumsi bahan bakar, real time fuel consumtion display, bar graph, outside air temperature, serta dapat mengetahui jarak tempuh dengan bahan bakar yang tersisa.
Untuk mengatur keseluruhan perangkat di atas, pengemudi tak perlu repot. Cukup memindahkan tangan dari lingkar kemudi, karena semuanya sudah dapat dikendalikan melalui Steering Wheel-Mounted Control, yang berada di palang roda kemudi dan juga dapat mengatur volume audio.
Belum selesai sampai di situ, pengemudi dapat mengatur posisi menyetir yang paling nyaman berkat Tilt & Telescopic Steering Wheel dan 8-Way power seat adjusment + Lumbar Support.
Untuk fitur Audio juga dilengkapi pemutar lagu dari CD, USB serta made for iPod & iPhone. Audio ini juga dilengkapi fitur SVC (Speed-sensitive Volume Compensation), di mana volume audio dapat menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan secara otomatis.
Untuk kenyamanan, tersedia Auto AC with Dual Zone Climate Control serta Reae AC Ventilation, yang menghasilkan proses pendinginan yang cepat serta merata ke seluruh kabin. Dilengkapi pula Heat Rejecting Green-Tinted Glass yang berguna untuk menolak sinar SUV.
Sedangkan masalah mesin All New CR-V dilengkapi dua varian mesin, yaitu tipe 2.4 liter dan 2.0 liter. Untuk mesin 2.4-liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 190 PS pada 7.000 rpm atau meningkat 20 PS dibanding model sebelumnya. Torsi maksimal yang dihasilkan mesin ini adalah 22,6 kgm pada 4.400 rpm.
Sementara untuk mesin 2.0-liter menggunakan mesin SOHC i-VTEC dengan kekuatan maksimum 155 PS pada 6.500 rpm atau meningkat 5 PS dibanding model sebelumnya dengan torsi 19,4 pada 4.300 rpm.
Semua model All New CR-V dilengkapi teknologi Drive By Wire (DBW), Sistem yang mengatur buka tutup throttle valve dan menghasilkan akselerasi presisi namun tetap hemat bahan bakar.
Untuk semakin hemat bahan bakar, mobil ini juga dilengkapi ECON mode yang terdiri dari ECO Assist dan ECON Button. ECO Assist memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara.
Sedangkan ECON Button merupakan mode pengendara yang dapat mengubah sistem pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen–tergantung kondisi jalan dan cara berkendara.
Fitur baru lainnya yang tersemat di All New CR-V adalah Hill Start Assist, yang membantu pengemudi saat berhenti ditanjakan agar mencegah gerakan mundur sesaat ketika akan melaju.
Untuk keselamatan, All New CR-V menggunakan struktur rangka bodi dengan G-Force Control Technologi (G-CON) + ACE, Dual SRS Airbag, pengereman Anti Lock Break System (ABS), Electronik Brake Force Distribution (EBD), Pretensioner & Load Limiter Seat Belt, Neck Shock Mitigation Seat, serta Whiplash Mitigation Seat.

Pesaing Mitsubishi Outlander juga dilengkapi Motion Adaptive EPS dan Vechile Stability Assist (VSA), yang berfungsi untuk membatu pengemudi mengontrol kendaraan, mendeteksi gejala oversteer serta understeer saat berada di tikungan atau jalan licin.

Titik-titik Perubahan di Honda CR-V Generasi Ke Empat was last modified: September 13th, 2012 by tompul
Share
Keywords : fungsi steering wheel, fungsi kunci l, fungsi control valve, fungsi kunci t, fungsi roda, fungsi roda dan ban, cara membuka kunci motor, fungsi roda motor, fungsi airbag pada mobil, fungsi efi
tags: crv generasi keempat, honda crv terbaru, perubahan crv