Tips Perawatan AC Mobil Biar Awet

Share

Perawatan Rutin bisa memperpanjang Usia Komponen AC 

kompresor acXlusi.com . Selain mesin mobil, sistem pelumasan juga ada pada komponen pendingin udara (air conditioner/AC). Namun, masih banyak yang tidak mengetahui, bahkan sampai ada yang membiarkan pelumas AC tidak diganti-ganti hingga bertahun-tahun.

Heru Wibowo selaku Workshop Manager dari Bengkel AC ternama yang merupakan bengekal spesialis perawatan AC mengatakan, sampai saat ini sosialisasi dan edukasi mengenai perawatan AC mobil masih sangat minim, bahkan pelumas di dalam instalasi AC saja banyak yang tidak tahu.

“Edukasinya memang masih kurang, banyak orang atau pemilik mobil yang tidak tahu bahwa komponen AC juga memiliki pelumas khususnya di kompresor yang menjadi jantung utama. Parahnya, oli tersebut sampai ada yang tidak diganti-ganti dan dibiarkan hingga bertahun-tahun,” ujar Heru kepada xlusi.com, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, kebanyakan orang hanya peduli pada AC ketika fungsinya sudah tidak maksimal untuk mendinginkan kabin. Selama masih normal, pengguna mobil tidak akan membawa ke bengkel khusus untuk memeriksa kondisi pendingin udaranya.

“Ini realitas, orang tidak akan membawa mobil spesialis AC bila tidak mengalami masalah, harusnya ada waktu tertentu komponen AC mendapat perawatan. Kerusakan AC juga banyak, bukan hanya karena habis refrigerant (freon) dan kompresor saja, tapi ada banyak sebab lain seperti kurangnya perawatan,” ucap Heru.

Usia pergantian oli serta kebersihan komponen instalasi AC juga wajib untuk dikontrol secara rutin. Hal ini menjaga agar umur pemakaian AC lebih panjang, serta udara yang keluar pada kabin selalau segar dan bersih.

Tips Perawatan AC Mobil Biar Awet was last modified: December 15th, 2015 by tompul
Share
tags: komponen ac, perawatan ac