Tips Mengatasi Mesin Saat OverHeating (Kepanasan)

Share

overheatXlusi.com| Kadang terjadi saat kita mengendarai  mobil Anda terkendala overheat di tengah jalan, apa sih yang harus dilakukan? Nah, berikut ini ada sedikit tips dari Mr. Tompul tentang apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan, “Kalau salah perlakuan malah mesin bisa jebol,” ujar Mr. Tompul . Yang pasti begitu mesin overheat anda bisa lihat dari jarum temperatur di spidometer yang merangkak naik dari temperatur normal, gejala lainnya mesin terkadang malah jadi knocking alias ngelitik karena panas berlebih.

Kalau ini terjadi sebaiknya Anda langsung cari tempat aman untuk menepi. Begitu berhenti langsung bukan kap mesin, biasanya terdengar ada bunyi seperti air sedang direbus dari radiator atau dari tabung cadangan.  “Ingat, jangan langsung dibuka tutup radiatornya, sebaiknya cari air dan siramkan ke badan radiatornya supaya membantu mendinginkan radiator,” ujar Mr. Tompul  Lalu coba tekan selang radiator bagian atas, “Kalau sudah kempis baru boleh buka tutup radiator, kalau masih terdengar ada gelembung udara jangan dulu,” bilang pria ramah ini.

Setelah aman buka tutup radiator, “Kalau air kurang atau habis jangan langsung diisi, tunggu sekitar 20 menit sampai mesin suhunya turun lagi baru isi air radiator…ngisinya juga harus dalam kondisi mesin hidup ya!” serunya. Begitu sudah diisi coba hidupkan mesin. “Biasanya temperatur sudah normal lagi, bawa jalan saja pelan-pelan dan cepat bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa,” tukas Mr. Tompul . 

Tips Mengatasi Mesin Saat OverHeating (Kepanasan) was last modified: June 4th, 2016 by tompul
Share
tags: mengatasi overheat, overheat, overheating