Tips Mencuci Mobil

Share

“Two Bucket Method” menggunakan dua ember.

  • Ember 1 : Untuk cairan shampoo seperti biasa.
  • Ember 2 : Untuk air bersih.

Pertama kali celupkan applicator (disarankan pakai WashMitt) anda ke Ember yang berisi shampoo mobil dan mulai mencuci mobil dari bagian teratas. Tapi sebelumnya basuh mobil dengan air ke seluruh permukaan.

Lalu sebelum anda mencelupkan kembali Washmitt ke shampoo, celupkan dulu dan kucek-kucek WashMitt anda ke dalam ember yang berisi air bersih. Hal ini dilakukan agar partikel kotoran terlepas dari WashMitt dan tidak mengenai cat mobil anda, sehingga kemungkinan terjadinya swirls akan mengecil.

Namun bisa gunakan Grit Guard, apabila mobil yang dicuci sangat kotor. Grit Guard membatasi ruang pada ember yang berisi air bersih [atas dan bawah] agar kotoran yang terlepas dari WashMitt tinggal di dasar ember, sehingga WashMitt tidak dapat menempel pada dasar ember.

Setelah Anda mendapatkan alat dan applicatornya. tahap penyucian :

  1. Mulai dari bagian bawah mobil
    Seperti ban, velg, sela2 pintu, dan kolong mobil. Kenapa bagian tersebut duluan? Karena jika kotoran pada saat mencuci bagian tersebut terciprat ke bodi mobil yang sudah kita cuci, kita tidak perlu mengulang kembali mencuci bagian tersebut. Disarankan untuk tidak menggunakan WashMitt dan cairan pencuci yang sama untuk bagian-bagian tersebut dengan bodi mobil. Jadi bedakan (khususkan untuk bodi dan bawah mobil)
  2. Pembilasan bodi mobil
    Tahap ini bertujuan agar kotoran dan debu yang mudah lepas terbawa oleh air dan sekaligus membasahi permukaan cat agar siap untuk dicuci. Gunakan selang atau apabila anda menggunakan mesin JetWasher, semprotkan air secara miring sehingga kotoran akan turun bersama air.
  3. Shampoo
    Gunakan perbandingan (takaran) yang tepat untuk campuran shampoo dengan airnya, jangan sampai kurang licin / busa. Shampoo digunakan sebagai pelumas pada saat pencucian, lagi-lagi untuk meminimalkan terjadinya swirls. Sementara air untuk shampoo boleh dingin / hangat. Yang penting pas dengan takarannya
  4. Mulai pencucian
    Gunakan 2 buah washmitt, satu untuk bagian atas (atap, bodi samping) dan satu lagi untuk bagian bawah mobil (bemper, bawah bemper, samping bawah pintu). Lakukan gerakan tanpa tekanan (asal moles) untuk menghindari terjadinya goresan.
    Apabila kotoran membandel dan tidak dapat dihilangkan dengan pencucian, gunakan cairan seperti Tar Remover atau Clay. Ada trik lain untuk menghilangkan kotoran yang lengket-lengket, yakni dengan gunakan minyak kayu putih. Namun sehabis penggunaan bersihkan dengan Quick Detailer dan aplikasikan kembali Wax, karena minyak kayu putih juga mengangkat wax dari mobil Anda.
  5. Pencucian tahap dua
    Mulai dari bagian atas mobil, sehingga kotoran di bagian bawah tidak terkontaminasi/pindah ke bagian atas. Disarankan jangan membiarkan cairan shampoo sampai kering, karena akan menimbulkan bercak (jamur). Hindari mencuci di bawah terik matahari, apabila tidak dapat dihindari cuci dan bilas sedikit-sedikit per bagian. Lakukan hingga selesai.
  6. Pembilasan
    Bilas dengan selang air atau mesin JetWash dari bagian atas ke bawah. Agar kotoran turun dari atas kebawah, sehingga kotoran dibawah terbawa.
  7. Pengeringan
    Tahap yang beresiko menimbulkan scratch jika tidak memilih media pengering yang aman. Disarankan gunakan Meguiars Water Magnet Drying Towel, lebih aman dibandingkan menggunakan Chamois / Lap Karet.
    Teknik yang paling baik adalah menempelkan Drying Towel / Chamois ke permukaan cat, bukan diseka sehingga secara cepat air akan meresap ke dalam towe. Sering-seringlah membilas Drying Towel anda dengan air yang mengalir dari keran, untuk menghilangkan kemungkinan ada kotoran yang menempel pada Towel anda.
Tips Mencuci Mobil was last modified: December 24th, 2011 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : dasar mesin mobil, dasar dasar mesin mobil, cara penggunaan lup, dasar-dasar mesin mobil