Thermo / Temperatur sensor Fungsinya?

Share

Thermo / Temprature sensor…dari nama saja pastinya sampeyan semua sudah tau dong kegunaan sensor tersebut :?: komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk mendeteksi suhu mesin, yang mana suhu mesin yang terdeteksi nantinya akan dilaporkan ke Engine Control Unit (ECU) untuk dikelola. Secara umum itulah Fungsi thermo sensor mas bro….!

Lag terus kalau suhu mesin dideteksi, apa imbasnya ke mesin :?: dari suhu yang berbeda, maka pastinya perlakuan atau tindakan pemegang kendali sistem FI (Engine control unit) juga berbeda, kang Majid ambil contoh…

Pada motor injeksi Yamaha Vixion nih, jika suhu mesinnya masih dibawah suhu kerja mesin (katakanlah 65c) suhu dingin pastinya butuh BBM yang lebih banyak to, lihat saja jika dipagi hari, yang pakai motor karbu pasti dong akan menarik tuas choke manualnya… :?:

Nag untuk sistem FI nih…berhubung ada komponen choke otomatis-nya (FID), Kita tidak perlu mengoperasikan piranti choke secara manual, dimana secara otomatis ECU akan memerintah choke untuk bekerja, hal ini dilakukan ECU berdasarkan laporan dari sensor suhu (thermo sensor)  yang melaporkan bahwa suhu motor saat ini kondisinya dingin.

Jangan heran kalau Yamaha Vixion kalau di pagi hari rpm-nya akan naik dengan sendirinya, pasalnya choke otomatis lagi bekerja mas bro….kalau sudah suhu kerja mesin pasti rpm akan normal lagi.

Contoh yang ke dua, masih di Yamaha V-Ixion ya..! dikala Kita berkendara dengan perjalanan jauh nig…gas pol rem blog :D tanpa berhenti, pastinya suhu mesin akan naik dengan cepat. Meski sudah dibekali pendinginan radiator, adakalanya panas yang ada mencapai titik yang tidak bisa didinginkan dengan cepat, makanya dalam pendinginan radiator dibekali dengan Fan (kipas) kipas tidak berputar terus, tapi kipas akan berputar saat kondisi mesin over (wajar kalau pagihari kipas tidak berputar).

Kipasnya akan berputar jika suhu mesin sudah over, sepengalaman kang Majid kipas mulai berputar jika panasnya kurang lebih 95c, kipas berputar juga disuruh oleh ECU, sekali lagi ECU tau suhu mesin dari thermo sensor.

Yang ke tiga…di motor onjeksi kan ada yang namanya indokator suhu mesin nih, lampu indikator akan menyala jika panas mesin berlebihan, lampu mati dan nyala juga diatur oleh ECU, dimana ECU mengatur lampu juga tergantung kondisi suhu mesin yang didapat dari thermo sensor.

Gimana bro…satu sensor kerjada menghendel banyak piranti yo…lag misale sensor suhu-nya rusak :?: apa yang terjadi :?: kerusakan thermo sensor pastiny akan berpengaruh besar pada ke 3 piranti di atas, ada FID, Fan, dan lampu indokator panas….bisa bisa kerjanya tidak normal atau tidak mau berkerja

Thermo / Temperatur sensor Fungsinya? was last modified: April 29th, 2015 by tompul
Share
Keywords : Harga termo sensor cb150r, ecu vixion rusak, harga thermo sensor cb150r, pemasangan thermocontroll, Penemuan ecu, siapa penemu ECU
tags: Temperatur sensor, Thermo, thermo sensor