Teknologi i-DCD di Honda Jazz Facelift

Share

Jazz terbaruXlusi.com | Baru-baru ini Pabrikan Honda meluncurkan Varian Honda Jazz Facelift  untuk negeri Jiran. Kendati wajahnya tak berubah terlalu signifikan, mobil ini justru dibekali dengan berbagai teknologi baru. Hatchback andalan Honda ini masih menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc yang kini jadi DOHC i-VTEC hybrid. Makanya, tenaga normalnya yang sebesar 120 dk, naik jadi 137 dk, dan torsinya sebesar 160 Nm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi DCT 7 percepatan, yang oleh Honda dinamai Sport Hybrid Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD). Dikutip dari world.honda.com, transmisi ini mempunyai internal motor output yang tinggi, dan IPU (Intelligent Power Unit) dengan internal lithium ion baterai yang mampu menghasilkan konsumsi BBM sebesar 36,4 km/l. Catatan tersebut membuat Honda Jazz menjadi mobil hybrid teririt di Jepang.

Electric servo braking system dapat meningkatkan efisiensi, sementara kompresor elektrik sepenuhnya bertugas untuk mengurangi beban kerja mesin. Maka itu, sistem ini diklaim mampu menghemat konsumsi BBM hingga lebih dari 35%. Kembali ke masalah transmisinya, DCT sendiri merupakan kepanjangan dari Dual Clutch Transmission. Ya, Honda Jazz Facelift ini menggunakan transmisi 7 percepatan berteknologi kopling ganda.

Perkembangan Mesin Mesin Sport Hybrid i-DCD 

Mesin Sport Hybrid i-DCD merupakan hasil pengembangan terbaru dari konsep Earth Dreams Technology Honda yang menggabungkan kesenangan dalam berkendara serta efisiensi bahan bakar.

Mesin anyar ini disebut dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan lebih dari 35% dibandingkan dengan sistem hybrid IMA. Dari hasil pengujian, mesin ini pun mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar sejauh 36,4 km per liter.

Mesin ini juga berukuran lebih kecil dan lebih ringan dengan sistem hybrid satu motor yang diperuntukkan untuk mesin mobil kendaraan berukuran kecil. Meski mesin ini hanya menggunakan sistem hybrid satu motor, namun EV drive dapat memisahkan pengendalian mesin dan juga motor listrik.

Mesin Sport Hybrid i-DCD mengadopsi sistem 4-silinder segaris dengan kapasitas 1,5 liter yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi).

Mesin ini juga dilengkapi 7-percepatan DCT (Dual Clutch Transmission) dengan sistem built-in high-motor pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) yang dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion.

Selain itu, mesin Sport Hybrid i-DCD juga mengadopsi electric servo brake system yang meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin.

Sport Hybrid i-DCD terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor listrik tergantung situasi pada saat mengemudi.

Sistem ini terdiri dari EV drive (hanya tenaga motor yang bekerja), Hybrid Drive Mode (tenaga motor listrik dan mesin bekerja bersamaan), dan Engine Drive Mode (hanya tenaga mesin yang bekerja).

 

 

Teknologi i-DCD di Honda Jazz Facelift was last modified: June 7th, 2017 by tompul
Share
tags: Honda Jazz terbaru 2017