Syarat-syarat oli Mesin

Share

Syarat-syarat oli Mesin

Oli mesin harus memiliki syarat sebagai berikut :

  • Harus mempunyai kekentalan yang tepat.
  • Apabila terlalu rendah, lapisan oli ini akan mudah rusak dan akan menyebabkan keausan pada komponen. Apabila terlalu tinggi akan menambah tahanan dalam gerakan komponen dan akan  menyebabkan mesin berat saat di start dan tenaga akan berkurang.
  • Kekentalan harus relative stabil tanpa terpengaruh adanya perubahan dalam temperature.
  • Oli mesin harus sesuai dengan penggunaan metal.
  • Tidak merusak atau anti karat terhadap komponen.
  • Tidak menimbulkan busa.

Jeni Oli Mesin

Oli mesin diklasifikasikan oleh kwalitas atau kekentalan

  1. Klasifikasi kekentalan

Kekentalan menunjukkan ketebalan atau kemampuan untuk menahan aliran suatu cairan umumnya kami menyebut weight viscoussity dalam penjelasan tentang oli mesin).

Oli cenderung menjadi encer dan mudah mengalir ketika dingin. Tapi masing-masing kecenderungan tersebut tidak sama untuk semua oli. Ada tingkatan permulaan besar (kental) dan ada yang dibuat encer (tingkatan kekentlannya rendah). Kekentalan atau berat dari oli dinyatakan oleh angka yang disebut indek kekentalan (menunjukkan kekentalan). Indeknya rendah olinya encer, indeksnya tinggi olinya kental. Suatu badan International SAE (Society of utomotive Engineers) mempunyai standar kekentalan dengan awalan SAE didepan indeks keketalan. Umumnya menentukan temperature yang sesuai dimana oli tersebut digunakan. Tapi memilih oli haruslah hati-hati, tidak hanya yang sesuai dengan temperature setempat tapi juga kondisi kerja mesin perlu diperhatikan.

  1. Maksud Kekentalan indeks
  • Oli dengan kekentalan rendah memberikan kekentalan indeks rendah.
  • Oli yang indeks kekentalannya dinyatakan dalam range (10W-30, 15W-40 dll) disebut oli multi grade. Kekentalan tidak terpengaruh oleh adanya perubahan temperature dan umumnya digunakan sepanjang tahun (musim).
  • Indeks kekentalan diikuti oleh huruf W (10 W dan lain-lain) yang menunjukkan ukuran kekentalan oli pada -200C. Menggunakan oli dengan kekentalan rendah memudahkan mesin dihidupkan saat musin dingin. Derajat kekentalan tidak termasuk kekentalan yang ditunjukkan “W” menyatakan kekentalan pada 1000C . Sebagai contoh SAE 10W-30 maksudnya bahwa oli mesin standar olinya SAE10 pada -200C dan standar oli sampai SAE30 pada 1000C.

Baca Juga : Klasifikasi Kwalitas Oli

Syarat-syarat oli Mesin was last modified: December 26th, 2011 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : syarat minyak pelumas, Syarat oli mesin