Suara Decit (kicau) pada kendaraan

Share

Ketika mengemudi mobil, ada kalanya kita mendengar suara decit (kicau), mengerik atau lainnya. Untuk menentukan asal bunyi-bunyi ini sangatlah sulit ada kalanya kita memerlukan teman pendamping untuk menentukan asal bunyi-bunyian tersebut. Pada umumnya suara decit dihaslkan dari Pad Rem depan. Tetapi ada juga bunyi  datang dan pergi tergantung pada kondisi mobil seperti cuaca panas atau dingin. Setelah kebisingan telah ditemukan ikuti panduan perbaikan di bawah ini:

 

  • Memeriksa Wear Brake Pad – Banyak Pad rem depan dilengkapi dengan kontrol dimana akan menjerit menunjukkan pad rem telah aus atau mencapai ketebalan minimum. Indikator ini menghasilkan kebisingan suara kicauan, baik pada waktu di rem atau saat rem berada dalam posisi idle (tidak digunakan). Suara kicau diproduksi sebagai kontak memakai sensor rotor rem dalam gerakan. Jika ada perubahan suara saat rem digunakan maka pad rem harus diganti.

 

  • Memeriksa Serpentine Belt – Sabuk drive atau sabuk serpentin merupakan komponen penting dari kendaraan Anda. Fungsi sabuk utama adalah untuk memasok daya ke sistem kemudi, pompa air, pompa udara (jika dilengkapi) AC dan alternator. Sabuk terhubung ke pulley drive dari mesin. sabuk serpentin ini dapat menghasilkan suara mengerik saat mesin sedang berjalan. suara decit  akan mengikuti RPM mesin (kecepatan mesin) dan akan lebih terlihat pada kecepatan mesin lambat. Untuk memeriksa kondisi sabuk, mulai dengan mesin off, lihat dalam alur sabuk.

image Jika terlihat kilap sabuk harus diganti untuk memperbaiki suara kicauan. Jika sabuk retak bisa juga menyebabkan suara chipping.

 

image

  • Periksa ketegangan sabuk. Jika sabuk yang longgar dapat menghasilkan suara mengerik karena kurangnya tekanan yang diperlukan untuk sabuk untuk beroperasi dengan benar. Tensioner belt berfungsi sebagai kontrol tekanan pada sabuk didalamnya  menggunakan coil spring.

 

image

Tensioner belt

  • Memeriksa Bearing- Sebuah bantalan dirancang untuk memberikan dukungan bergulir ke poros apapun seperti: alternator, starter, pompa air, power steering, AC, dll. Putar tiap komponen jika ada suara decit perlu mengganti bearingnya.
Suara Decit (kicau) pada kendaraan was last modified: October 16th, 2011 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : suara kipas f1zr berisik, POMPA ULIR, fungsi rotor pada mobil, fungsi alternator mobil, fungsi tensioner mobil, tensioner bearing bunyi, komponen alternator mobil, fungsi tensioner, fungsi starter mobil, cara membuat suara kipas f1zr
tags: bearing, decit, suara, v-belt