Solusi Motor Skutik Tiba-tiba Mati Kehilangan Kompresi

Share

skutikSolusi Motor Skutik Tiba-tiba Mati Kehilangan Kompresi

Xlusi.com | Terkadang kita akan terkendala dengan sepeda motor matik yang digeber tiba-tiba mati seperti kehilangan tenaga.

Padahal electric starter sudah dipencet kuat-kuat dan setang gas ditarik sampai mentok, tapi mesin masih malas-malasan untuk hidup.

Jika Anda pernah mengalami perkara yang sedemikian, bisa jadi motor sedang kehilangan kompresi. Masalah tersebut memang rawan menyerang motor-motor matik umumnya 110cc tahun-tahun lawas.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh ring piston yang enggan mekar sehingga kompresi di ruang bakar serasa amblas.

Lalu, malasnya ring piston untuk mekar juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti umur karena sifat motor matik yang membutuhkan rpm tinggi untuk menggerakkan mesin. Bisa juga dikarenakan oleh kotoran yang terlalu lama mendiami ring sehingga ia pun ngambek dan tak mau mengembang.

Lalu apa solusi darurat yang harus Anda lakukan?

Pertama-tama jika Anda sedang ada di tengah jalan atau kemacetan, lebih baik segera minggirkan motor dan standar tengah.

Setelah itu, buka gas sebesar-besarnya lalu stater secara berulang-ulang. Takarannya sampai motor Anda hidup lagi.

Cara ini dipercaya akan menggelontorkan bensin ke ruang bakar dan diharapkan bakal mencuci kotoran yang menyempil di sela-sela ring. Maka benda kecil dan penting ini akan mekar kembali dan menekan dinding silinder.

 

Solusi Motor Skutik Tiba-tiba Mati Kehilangan Kompresi was last modified: January 18th, 2016 by tompul
Share
Keywords : rantai motor tiba-tiba ketat
tags: Motor Skutik Tiba-tiba Mati Kehilangan Kompresi