Peugeot 108, Gadget Berbentuk City Car

Share

Tidak, anda tidak salah membaca judul artikel ini. Meski kali ini kami membahas Peugeot 108 yang merupakan penerus city car Peugeot 107, namun mobil baru ini lebih terasa kecanggihannya dalam bersinergi dengan gadget meskipun sebagai city car mobil ini juga tak kalah ciamik. Singa Perancis ini telah mengeluarkan indication 108 terbaru yang jauh lebih modis dan canggih daripada pendahulunya, dan kini tersedia dalam pilihan 3 pintu dan 5 pintu. Apa sajakah hal yang berubah? Mari kita cari tahu bersama.

Pertama kali menilai eksteriornya, 108 terkesan lebih complicated dan tak meninggalkan identitas pendahulunya. Gril lebar khas Peugeot kini diletakkan lebih ke atas, dekat dengan kap mesin. Housing foglamp kiri dan kanan joke kini tidak menyatu dengan air dam fender depannya seperti pada 107, namun terpisah dan dilengkapi lis chrome yang manis. Headlamp berbentuk almond joke kini ditinggalkan, digantikan oleh headlamp baru yang berdesain lebih tajam menyerupai saudaranya, Peugeot 208. Mobil ini juga telah mengadopsi pelek berdesain baru yang lebih sporty dan dinamis serta aksen chrome kecil di dekat spion. Perubahan yang cukup kentara adalah pintu belakangnya yang tidak lagi membuatnya kelihatan seperti mobil 3 pintu, malah dibuat seperti mobil 5 pintu sejati.

Peugeot-108-Ragtop

Lampu belakangnya tidak lagi meninggi seperti pendahulunya, namun lebih mengotak dan kecil dengan sentuhan garis-garis LED ala mobil-mobil jaman sekarang dengan efek 3 dimensi. Pintu bagasi mobil ini juga masih menggunakan kaca seperti Honda Brio, untungnya dia sudah dilengkapi dengan wiper belakang. Untuk anda yang ingin tampil lebih stylish, ada varian TOP! Yang memiliki atap lipat yang disebut ragtop yang mampu membuka penuh hingga baris kedua. Fitur ini sebelumnya sudah ada di Fiat 500.

Interior-Peugeot-108

Masuk ke dalam interiornya, 108 ini terlihat simpel dan modern. Salah satu contohnya adalah row instrumen yang hanya terdiri atas satu lingkaran besar berisi spidometer dan MID dengan latar belakang orange, sementara takometernya sendiri cukup unik, berupa takometer digital dengan posisi tegak di sebelah kiri spidometer. Di sebelah kanan spidometer, bertengger indikator yang memberitahu kapan kita harus memindahkan gigi transmisi, terutama saat ECO mode diaktifkan demi mencapai efisiensi BBM maksimal.

Instrumen-Peugeot-108

Yang menjadi highlight dari 108 terbaru ini adalah layar sentuh 7 inci yang tertanam di tengah dasbor. Peugeot menjuluki conduct section canggih ini sebagai Mirror Screen, yang berarti apa yang terjadi di smartphone anda dapat dipantau juga secara real time di layar mobil ini apabila sudah terkoneksi, baik dengan kabel ataupun tanpa kabel. Inilah buah dari kecanggihan teknologi MirrorLinkTM dan AppInCar yang diusungnya. Sistem ini kompatibel dengan BlackBerry, Android, iOS dan Windows. Mengontrol smartphone anda melalui layar mobil ini juga bukan hal yang mustahil, baik dengan tangan ataupun voice command. Selain konektivitas canggih tadi, tentunya sejumlah fitur seperti sistem navigasi, Peugeot Music, kamera parkir dan pengatur setting kendaraan juga sudah hadir di mobil ini.

Head-Unit-Peugeot-108

Joknya kini sudah menggunakan lapisan kulit dan dilengkapi ISOFIX, namun headrest yang menyatu dengan jok seperti Honda Brio mungkin bukan selera semua orang, namun bukan masalah karena pengaturan jok depannya terbilang komplit, seperti sliding, reclining, tallness adjuster dan lumbar support.

Kabin-Peugeot-108

Di doortrim pintu belakang, jangan heran kalau anda tidak menemukan tombol power window ataupun engkol pemutar untuk membuka jendela, karena kaca belakang 108 ini hanya bisa dibuka sedikit saja dengan cara didorong keluar. Tapi tidak masalah, toh seberapa sering kita membuka kaca jendela belakang? Apalagi di Jakarta yang cenderung panas, lebih baik menikmati hembusan AC di dalam mobil saja bukan? Oh ya, seatbelt 108 belum dilengkapi dengan height adjuster. Kabinnya sendiri tergolong lega meski ukuran mobil ini cenderung kecil, namun pelipatan jok belakangnya belum bisa rata lantai.

Bagasi-Peugeot-108

Mesinnya sendiri tidak mengalami ubahan signifikan, masih dengan mesin 1.000 cc 3 silinder bertenaga 68 HP dan torsi 93 Nm. Dengan bobot hanya 840 kilogram dan power steering elektrik yang enteng, mobil ini bisa dipastikan akan sangat lincah dalam menembus padatnya perkotaan. Transmisi yang menjadi pilihan adalah 5-speed primer dan 5-speed otomatis 2-Tronic, dan khusus versi transmisi otomatis, 108 sudah dilengkapi dengan mode manual.

Transmisi-Peugeot-108

Melihat gaya hidup manusia complicated yang akrab dengan gadget, rasanya sangat pintar bagi Peugeot bila pengembangan sistem koneksi tool ke kendaraan menjadi salah satu fokus utama mobil ini. Akankah tool beroda empat ini meramaikan jalanan Tanah Air? Sebenarnya belum bisa dipastikan, mengingat penjualan Peugeot 107 sendiri tidak begitu memuaskan, tapi tak ada salahnya kita berharap gadget, eh, city automobile Peugeot ini hadir di Indonesia dan menjadi pilihan sebagai transporter dalam kota. Canggih dan keren!

Peugeot-108-Tampak-Belakang

 

Peugeot 108, Gadget Berbentuk City Car was last modified: August 28th, 2014 by tompul
Share
tags: brio, honda, mobil