Perbandingan Kompresi Mesin Diesel

Share

Xlusi.com| Mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan niaga namun sekarang ini dengan ditemukannya mesin Diesel teknologi baru membuat mesin diesel menjadi halus getarannya sehingga, banyak kendaraan seperti Merk Mitusbihi, Toyota dan yang lainnya menggunakknya dalam kendaraan istimewa mereka dengan memasang mesin Diesel. Seperti Innova diesel yang dikenal irit dan bandel sehingga banyak digunakan konsumen saat ini.

Untuk memahami kinerja mesin diesel berikut ini kami sampaikan mengenai Perbandingan Kompresi Mesin Diesel

Perbandingan kompresi (compression Ratio) diukur berapa banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam silinder selama gerak isak yang dipompakan pada langkah kompresi. Perbandingannya dalah antara volume pada TMB (Volume silinder + Volume ruang bakar) dengan volume sisa, pada bagian atas silinder torak berada pada TMA (volume ruang bakar).

Persamaannya adalah

K = (A+B)/B

dimana

K = Perbandingan Kompresi

A = Volume Langkah

B = Volume Ruang Bakar

 

perbandingan

Bila perbandingan kompresi naik, tekanan pembakaran bertambah dan tenaga yang dihasilkan lebih besar. Bila volume langkah dibuat lebih besar akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar bertambah. Oleh karena itu, mesin-mesin dewasa ini direncanakan dari bentuk kepala ruamg bakar yang memungkinkan perbandingan kompresi yang tinggi tapi tidak melampaui batas-batas maksimum.

Sebab bila lebih dari limit mengakibatkan detonasi sehingga daya yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Perbandingan komresi motor diesel pada umumnya sekitar 11-22.

Perbandingan Kompresi Mesin Diesel was last modified: November 30th, 2016 by tompul
Share
tags: Perbandingan Kompresi Mesin Diesel