PERAN STEERING AXIS INCLINATION

Share

PERAN STEERING AXIS INCLINATION

- Meringankan kemudi
Pada saat roda berbelok kekanan dan kekiri dengan posisi steering axis ditengah dan offset dalam radius, offset yang besar akan menimbulkan torsi yang besar pada steering axis karena adanya tahanan putar (rolling) pada ban, dan menaikkan steering effort.

- Mengurangi kemudi menarik ke salah satu sisi
Jika offset terlalu besar, maka akan timbul gaya reaktif pada roda pada saat mobil direm, yang menghasilkan suatu momen pada steering axis, sehingga menyebabkan roda menarik ke salah satu sisi. Momen ini sebanding dengan besar offsetnya. Apabila offsetnya mendekati nol, momen yang dihasilkan pada steering axis akan lebih kecil pada saat gaya diberikan ke roda, dan kemudi akan sedikit dipengaruhi oleh pengereman atau gunjangan dari jalan.
- Kemampuan mobil lurus ke depan meningkat
Steering axis inclination menyebabkan roda secara otomatis akan kembali lurus ke depan setelah selesai berbelok. Untuk mobil berpenggerak roda depan, besarnya offset umumnya kecil (nol atau negatif), untuk mencegah penyaluran getaran dari ban ke steering wheel yang terjadi pada saat pengereman atau ganguan lainnya seperti kejutan pada saat akselerasi tiba-tiba. Ada dua cara untuk membuat offset menjadi kecil :
1. Menyetel ke positive camber.
2. Memiringkan steering axis.

Peran toe angle

Fungsi utama toe angle adalah untuk membantalkan camber thrust yang dihasilkan pada saat camber dijalankan. Apabila roda depan diberikan positive camber, maka kemiringannya akan ke luar, sehingga menyebabkan roda-roda tersebut berusaha berputar keluar begitu mobil bergerak ke depan, sehingga terjadi side-slip. Hal ini akan menyebabkan ban menjadi cepat aus. Oleh karena itulah , toe-in diberikan ke roda depan untuk mencegah hal tersebut dengan cara membatalkan rolling ke arah luar karena camber. Selama camber mendekati nol, maka nilai sudut toe juga akan menjadi lebih kecil.

Kekerasan suspensi dan sudut toe

Pada saat mobil melaju, gaya dari berbagai arah dibebankan ke suspensi, sehingga mengakibatkan roda cenderung ke toe out. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa kendaraan diberikan sedikit toe-in bahkan untuk camber nol sekalipun.

Tipe ban dan sudut toe

Toe angle yang diberikan ke ban tipe bias berbeda dengan yang diberikan ke ban radial, meskipun cambernya sama. Alasannya adalah, karena tapak dan bahu ban bias lebih cepat aus dibandingkan dengan ban tipe radial, the former type generates greater camber thrust. Therefore, bias-ply tyres are given more toe angle than radial-ply tyres.

PERAN STEERING AXIS INCLINATION was last modified: March 30th, 2012 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : Fungsi penggerak aksel, fungsi rem mobil, fungsi dari penggerak aksel, fungsi penggerak aksel pada kendaraan ringan, fungsi toe in
tags: Kekerasan suspensi dan sudut toe, PERAN STEERING AXIS INCLINATION, Peran toe angle, Tipe ban dan sudut toe