Penyebab Utama Kerusakan ECU

Share

Penyebab Utama Kerusakan Dari ECU

ecuXlusi.Com | Penyebab Kerusakan ECU Sebenarnya ECU telah didesain oleh pabrikan sebagai komponen yang rigid (kuat,tahan terhadap beberapa kemungkinan, misalnya tahan terhadap goncangan, toleransi terhadap perubahan tegangan/arus). Namun tetap saja tidak bisa menjamin akan keawetan ECU tersebut.

Secara umum penyebab kerusakan ECU dibagi dua yakni, kerusakan dari dalam sistem EFI itu sendiri dan kerusakan dari luar sistem.

Kerusakan dari dalam sistem sendiri

Kualitas komponen dari ecu tersebut, walaupun kemungkinannya kecil, namun untuk ECU pada mobil yang telah berumur lebih dari 10tahun, hal ini bisa terjadi terutama pada komponen kapasitor,dan resistor. Perlakuan penanganan/service yang tidak sesuai standar pabrikan, hal ini biasa terjadi pada bengkel yang kurang berpengalaman menangani mobil EFI. Mereka asal-asalan mencabut ACCU batere, sehingga bisa menyebabkan over voltage atau over current(walaupun hanya sejenak). Penambahan assesori kendaraan yang asal-asalan. Penambahan asesoris kendaraan misalnya lampu, power amplifier dan lain-lain yang tidak benar akan membuat supply tegangan dan arus pada ECU akan berkurang, sehingga fungsi ECU akan terganggu.

Bagian sensor atau actuator yang rusak(korslet ke ground atau +12V) namun tidak segera di perbaiki juga bisa menyebabkan kerusakan lebih parah. Penggantian sensor yang tidak sesuai karakteristiknya dengan yang asli. Pemasangan piggyback (alat untuk manipulasi sensor) yang tidak benar.

Kerusakan dari luar sistem

ECU rusak karena benturan yang keras Terendam air, bisa karena dicuci ataupun banjir Mobil berada dilingkungan yang ekstrem, misalnya lingkungan dengan kelembaban yang tinggi, atau udara yang mengandung garam. Mobil berada dilingkungan yang tingkat radiasi gelombang electromagnetic yang tinggi. Karena ECU terdiri dari rangkaian diskrit (IC), maka komponen ini sangat peka terhadap electromagnetic. Contohnya adalah imbas dari loncatan petir, misalnya mobil diparkir didekat pohon yang tersambar petir, kemungkinan besar loncatan medan electromagnetic akan merusak ECU.

Penyebab Utama Kerusakan ECU was last modified: May 24th, 2017 by tompul
Share
Keywords : ecu vixion rusak, penemu ecu, cara bobol ecu standar, detail rangka atv, pengertian campuran gemuk
tags: Penyebab Kerusakan ECU