Penyebab Bunyi Cetak Cetek Pada AC Mobil

Share

Xlusi.com | Sebenarnya apa sih yang bunyi cetak cetek pada ac mobil saat ac dinyalakan tersebut? Ac mobil bunyi cetak cetek ketika dihidupkan sering ditemukan pada kompressor ac yang menggunakan magnetic clutch untuk menghubungkan putaran mesin dengan kompressor ac dan tidak berlaku untuk kompressor ac yang menggunakan control valve seperti halnya pada ac toyota wish.
Faktor Penyebab AC Mobil Bunyi Cetak Cetek

Penyebab bunyi cetak cetek pada ac mobil adalah magnetic clutch kompresor ac yang putus nyambung aliran listrik yang ke gulungan spull magnetic clutch, arus listrik berasal dari relay MGC atau pun Relay Kompressor ac.
Atau dengan kata lain penyebab terdengar bunyi cetak cetek saat ac hidup terjadi karena On dan Off kompresor ac terlalu cepat.

AC mobil bunyi cetak-cetek bisa dipicu oleh beberapa hal diantaranya adalah:

1. Sistem ac kepanasan terutama pada sisi tekanan tinggi sehingga menyebabkan tekanan berlebihan pada tekanan tinggi pipa ac dan memicu sensor tekanan untuk bekerja memutus arus listrik ke kompresor, ketika tekanan turun karena kompresor ac tidak bekerja, sensor tekanan tersebut terhubung lagi dan kompresor bekerja kembali, saat kompresor bekerja kembali tekanan pada high pressure pipa ac kembali naik dan sensor tekanan kembali memutus arus listrik ke kompresor ac dan begitu seterusnya.

Penyebab tekanan ac berlebihan atau ac kepanasan ada beberapa hal yaitu freon ac kebanyakan, kipas radiator atau extra fan putaran lemah atau tidak berputar. Lihat akibat kebanyakan freon ac mobil.

2. Penyebab kedua kenapa ac mobil bunyi cetak cetek adalah karena rpm mesin saat ac hidup terlalu rendah atau idle up ac tidak bekerja sebagai mana mestinya. Sebagai contoh pada new vios limo 2007 setelah klem aki dilepas dalam kondisi throttle body kotor akan menyebabkan rpm terlalu rendah setelah mobil dihidupkan.

idle up

Berikut gambarannya ketika mesin hidup dengan rpm 500, jika saat itu ac dinyalakan idle up ac tidak bekerja dan ac amplifier mematikan kompresor karena rpm terlalu rendah, setelah kompresor mati, beban mesin berkurang dan rpm kembali naik sedikit, ketika rpm naik menjadi sekitar 600 kompresor ac kembali terhubung dan menjadi beban mesin sehingga rpm turun lagi dan kompresor dimatikan lagi oleh ac amplifier begitu seterusnya sehingga terdengar suara cetak cetek terus menerus dari kompresor ac akibat putus sambung aliran listrik ke kompresor ac.

Solusi Perbaikan AC Mobil Bunyi Cetak Cetek

Berikut dua point cara mengatasi atau cara memperbaiki ac mobil bunyi cetak cetek sesuai penyebabnya.
1. Pada kasus pertama jika ac bunyi cetak cetek karena kelebihan freo atau sistem ac kepanasan adalah dengan mengurangi freon sedikit atau mengatasi penyebab ac kepanasan yang biasanya disebabkan oleh extra fan tidak berputar untuk mendinginkan kondensor ac.

intake air control

2. Pada kasus kedua yang disebabkan oleh masalah idle mesin, pebaikan bisa dilakukan dengan membersihkan throttle body atau mengatasi gangguan pada sistem idle up jika mobil masih menggunakan ISC (Idle Speed Control) atau IAC (Intake Air Control).

Penyebab Bunyi Cetak Cetek Pada AC Mobil was last modified: May 18th, 2016 by tompul
Share
Keywords : fleksibel knalpot canter, klep avanza bunyi, crankshaft motor putus, cvt mio ngaung, cara ngasih plat dikipas fiz r Bunyi Dengin, cara membuat kipas fiz r bunyi, jenis Fleksibel kenalpot Canter yAng bisa bunyi, idle up limo, jupiter mx bunyi tek tek, gleksibel knalpot canter
tags: Penyebab bunyi cetak cetek pada ac mobil