Penyebab Bodi Mobil Miring Adalah Kerusakan Kaki-kaki

Share

Xlusi.com | Jika kita mengamati mobil terkadang kita menjumpai mobil berjalan dalam keadaan miring sebelah, mungkin kita bertanya apakah muatannya hanya sebelah ternyata mobil tersebut tanpa muatan, lalu apa penyebab dari miringnya tersebut?

Team kami mencoba menghubungi beberapa bengkel spesialis kaki-kaki mobil, ternyata dari penuturan beberapa bengkel menyatakan bahwa kerusakan utamanya pada kaki-kaki mobil, Lalu -Komponen apa saja yang mungkin rusak ?

shockbreakerKomponen yang pertama rusak hingga menyebabkan mobil miring biasanya bushing dan karet-karet. Baik karet dudukan suspensi maupun karet mounting sambungan bodi dan sasis, tentunya pada mobil yang menggunakan sasis tipe ladder seperti Kijang Innova atau Mitsubishi Pajero Sport.

Setelah material lentur seperti karet dan PU, komponen berikutnya yang ‘kalah’ adalah penyangga sokbreker. Jika sudah dudukan sokbreker atas atau lower arm tidak sempurna, maka dapat mempengaruhi ketinggian mobil.

kaki2

Kemudian adalah per itu sendiri. Jika per sudah lemah, atau bahkan rusak maka panjang per akan berubah dan pada akhirnya membuat ketinggian mobil berbeda.

Komponen lain yang mungkin rusak adalah ball joint atau batang stabilizer, meski diakui Iwan, kerusakan komponen tersebut tidak terlalu berefek pada miringnya bodi.

Komponen ini jika sudah aus, pasti berdampak pada miringnya bodi. Komponen lain adalah berubahnya setingan pegas torsi khususnya untuk mobil tahun produksi lama yang menggunakan pegas tipe ini, seperti Isuzu Panther atau Toyota Kijang generasi sebelum Innova.

Penyebab Bodi Mobil Miring Adalah Kerusakan Kaki-kaki was last modified: March 10th, 2016 by tompul
Share
Keywords : fungsi kaki tiga, fungsi dan kegunaan kaki tiga, makalah sokbreker
tags: body mobil miring, komponen kaki kaki mobil