Penjualan Toyota Avanza Kalah Sukses dengan Wuling Sunshine

Share

wulingXlusi.com  - Pabrikan mobil AIC-GM-Wuling (SGMW) dinegara asalnya  bukanlah yang terbesar. Dengan kemampuan  dari empat pabrik yang dimilikinya bisa memproduksi 2,3 juta section mobil. Sementara jualan pertahunnya bisa mencapai 2 juta unit.

Dalam lawatan ke pabrik Baojun, Liuzhou, xlusi.com bersama sejumlah media nasional lainnya menyaksikan produksi indication 730 dan 560. Di pabrik ini, produksinya tahunnya bisa mencapai 500 ribu unit.

Dari salah satu dapur produksi SGMW, dilahirkan mobil terlaris yang pernah ada. Namanya Wuling Zhiguang atau yang dikenal juga dengan naman Sunshine. Bahkan Forbes pada 2011 lalu menobatkan minivan ini sebagai mobil terlaris ke-3 di bawah Toyota Corolla dan Hyundai Elantra.

Performa penjualan Sunshine sangat impresif. Dalam kurun 13 tahun sejak dijual pada 2002, penjualannya mencapai 4.686.000 unit. Bandingkan dengan mobil terlaris di Indonesia, Avanza yang baru terjual 1.133.203 section selama sepuluh tahun kehadirannya.

Sunshine punya banyak varian. Ada varian mobil penumpang berdaya angkut 5-8 orang. Ada pula yang berbentuk pikap. Mesinnya juga bervariasi. Mulai yang berkapasitas 1 liter, 1,1 liter hingga 1,2 liter.

Puncak penjualannya terjadi pada 2010. Sebanyak 688.913 section diserap pasar. Tak heran bila SGMW punya keyakinan kuat untuk mengulang sukses di Indonesia. SGMW menggelontorkan dana sebesar US$ 700 juta atau sekira Rp 9,4 triliun untuk membangun pabrik maupun jaringan bisnisnya di Indonesia. Hanya saja Sunshine bukanlah mobil yang bakal diproduksi di Cikarang.

 

Penjualan Toyota Avanza Kalah Sukses dengan Wuling Sunshine was last modified: March 1st, 2016 by tompul
Share
tags: AIC-GM-Wuling (SGMW), avanza, mobil, toyota, wuling