Penggunaan Injection Cleaner, Membersihkan Sampai Ruang Bakar

Share

Fuel injector cleanerGadget-Baru.com| Dengan penggunaan injeksi sekarang ini semua serba dipermudah, contohnya saat servis jadi lebih simpel, karena enggak perlu lagi bongkar karburator untuk membersihkan saluran dan spuyer di dalamnya. Lalu bagaimana kalau sistem injeksinya kotor?

Nah jika sistem injeksi kotor, terutama saluran bahan bakarnya, maka pembersihannya juga mudah. “Pakai saja injection cleaner,” saran Sudirjo, mekanik Anjany Racing di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar. Misalnya ada merek Wurth, 3M, STP, Wealthy dan sebagainya. Simak yuk tips aplikasi injection cleaner biar enggak salah pakai!

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukannya, dengan cairan ini injektor sampai ruang bakar bisa bersih tanpa perlu bongkar-bongkar. Tentu saja lebih hemat waktu dan biaya. “Untuk ongkosnya hanya Rp 150 ribu, bisa untuk semua motor injeksi,” terang Angga Kurniawan, pemilik Anjany Racing.

Bandingkan jika pembersihan dilakukan dengan pembongkaran, apalagi motornya sekelas Kawasaki Ninja 250 atau yang lebih besar. Jika bongkar cylinder head ditambah komponen yang diganti seperti paking, tentu totalnya lebih mahal.

Lalu bagaimana proses aplikasinya? Dirjo, sapaan Sudirjo mencontohkan pakai alat dari Wealthy di Kawasaki Ninja 250. Pertama tangki dilepas, termasuk selang dari pompa bensin. Kemudian cairan pembersih dimasukkan ke tabung penampung.

Selanjutnya alat dirakit, dan sebagai pengganti pompa, bahan bakar dimampatkan pakai udara dari kompresor dengan tekanan lebih dari 60 psi. Kemudian mesin dihidupkan dalam keadaan stasioner sampai injection cleaner habis. “Sekitar setengah jam,” terang Dirjo.

Setelah cairan pembersih habis dan mesin mati, maka tinggal dirakit ulang. “Rasakan deh efeknya, pasti tarikan lebih ringan,” tegas Dirjo. Yuk dicoba!

Penggunaan Injection Cleaner, Membersihkan Sampai Ruang Bakar was last modified: December 5th, 2016 by tompul
Share
tags: Penggunaan Injection Cleaner