Penggunaan Gemuk

Share

Tindakan pencegahan berikut ini harus dilakukan untuk menjamin keuntungan dari penggunaan gemuk.

  • Membersihkan dan mengeringkan bantalan

Untuk membersihkan biasanya menggunakan minyak tanah atau bensin. Selesai membersihkan penting sekali untuk dikeringkan. Selesai membersihkan penting sekali untuk dikeringkan. Bantalan yang dibersihkan mudah sekali berkarat, mereka harus segera diisi dengan gemuk yang bersih atau apabila berkarat harus segera ambil tindakan.

  • Packing (mengisi gemuk)

Jangan memasukkan wheel hub dengan gemuk berlebihan. Gemuk yang berlebihan mungkin menyebabkan panas yang  berlebihan saat kecepatan tinggi, gemuk menjadi encer dan mengelir keluar dari bantalan. Berikan gemuk bantalan (bearing roller) secukupnya tetapi sisakan gemuk 1/3 dari bagian hubnya.

  • Mencapur dengan gemuk lain

Jangan mencampur gemuk bantalan dengan gemuk tipe lain, karena akan mengakibatkan penurunan kemampuan yang sangat besar dan mengakibatkan terjadinya kebocoran.

  • Menjauhkan gemuk dengan kotoran

Jangan membiarkan gemuk dikotori dengan pasir, debu atau serbuk metal karena akan menyebabkan keausan yang tidak normal pada permukaan persinggungan. Jauhkan pekerjaan yang ada pasir atau debu dan jangan tinggalkan gemuk dengan tutup terbuka. Karena kotoran-kotoran dapat mengotori gemuk. Jangan biarkan air bercampur dengan gemuk, ini akan memperburuk kondisi gemuk.

Gemuk Spesial lainnya

  1. Gemuk yang digunakan pada blok karet dari distributor breaker point tahan terhadap panas tinggi dan tahanan udara. Gemuk ini sudah termasuk dalam breaker point kit, pastikan untuk menggunakannya.
  2. Gunakan gemuk tipe Lithium base glycol untuk melumasi cap (karet) piston master silinder, clutch release dan wheel cylinder sebelum dirakit gemuk ini direncanakan untuk mencegah kerusakan pada cap (karet) tetapi penggunaannya harus hati-hati, sebab dapat menyebabkan cap tersebut mengembang.
  3. Pada dasarnya gemuk digunakan untuk melapisi permukaan gesek antara backing plate dan bagian brake shoe yang keras untuk mengurangi panas oleh adanya pengereman. Sehingga ia harus memiliki kualitas kemampuan yang baik terhadap debu serta tahan karat dan tahan sekali terhadap air. Maka gemuk a non shoap memenuhi syarat untuk digunakan.
Penggunaan Gemuk was last modified: December 3rd, 2015 by tompul
Share
tags: Gemuk Spesial, Pelumas CV joint, Pelumas Velocity Joint