Pengetahuan Sistem Kemudi Kapal

Share

sistem kemudi kapalXlusi.com | Sistem pengendalian kapal merupakan pengetahuan yang wajib dipahami oleh seorang navigator. Untuk dapat memahami secara baik maka seorang navigator harus mengetahui jenis dan type mesin kemudi. Ditinjau dari jenis dan type, ada 4 jenis mesin kemudi:

  • Mesin Kemudi Tenaga Uap (Chain and Rod Steering Gear)
  • Mesin Kemudi Hidrolik
  • Mesin Kemudi Elektro Hidrolik
  • Mesin Kemudi Electrik

Bahasan pada bab ini akan lebih menitik beratkan pada sistem pengendalian kemudi kapal dan aba-aba mengemudi, sebagaimana disyaratkan oleh IMO yang dituangkan pada Seksi A-II/2 dari STCW 1978 amandemen 1995, dengan sedikit pembahasan tentang jenis mesin kemudi.

 B.JENIS KEMUDI KAPAL
  1. MESIN KEMUDI TENAGA UAP (CHAIN AND ROD STEERING GEAR)
Pada kapal-kapal kecil kemudi rantai boleh jadi masih digunakan. Mesin kemudi dengan tenaga uap mungkin sudah sangat jarang ditemui. Pengemudian kapal dengan menggunakan mesin kemudi jenis ini mulai ditinggalkan karena proses pengemudian kapalnya sangat lambat. Terutama setelah ada peraturan dari IMO bahwa pengemudian kapal dari cikar kanan ke cikar kiri atau sebaliknya harus dapat dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 30 detik pada saat kapal maju dalam kecepatan penuh.
  1. MESIN KEMUDI HIDROLIK
Kemudi jenis ini mengunakan tenaga hidrolik (oli) yang dapat dipompakan dari anjungan sampai ke kamar mesinkemudi di bawah. Adanya gerakan dari peralatan transmiter di anjungan (misalnya dengan memutar roda kemudi) maka minyak hidrolik pada pipa penghubung akan ditekan dan diteruskan ke receiver silinder di ruang mesin kemudi dan setara dengan itu maka akan menggerakkan daun kemudi kearah sebagaimana yang dikehendaki dari anjungan.
  1. MESIN KEMUDI ELEKTRO HIDROLIK
Pada umumnya sistem ini menggunakan dua motor dengan satu set pompa. Namun tidak jarang kapal dengan menggunakan dua pompa hidrrolik, sehingga kerja dari mesin kemudi menjadi dua kali lebih cepat reaksinya, hal ini digunakan pada saat kapal sedang berolah gerak memasuki pelabuhan, masuk pelayaran sempit atau sungai.
Pada mesin kemudi jenis ini bagian-bagian yang utama adalah:
  1. Telemotor
  2. Ram Hydrolic Gear
  3. Motor dan Pompa Hidrolik
  4. Swivel Block
  1. MESIN KEMUDI ELECTRIK
Mesin kemudi jenis ini terdapat dua rangkaian utama yaitu:
  1. Rangkaian Pembangkit Tenaga ( Power System) untuk mengerakkan daun kemudi
  2. Rangkaian Pengendali (Control System) yang berfungsi mengendalikan operasi dari rangkaian pembangkit tenaga.

C.SISTEM PENGENDALIAN KEMUDI

  1. FOLLOW UP

Cara pengemudian kapal sistem ini adalah dengan menggunakan kemudi biasa (manual), dengan seorang juru mudi memegang kemudi di anjungan dengan mengikuti perintah dari Nahkoda atau Pandu atau Perwira Jaga. Penggunaan sistem kemudi ini biasanya pada saat maneouver/olah gerak memasuki dan keluar pelabuhan, pada saat olah gerak akan berlabuh jangkar, berlayar di perairan yang ramai, berlayar diperairan sempit atau pada saat perubahan haluan yang besar yang membutuhkan kecepatan perubahan haluan. Apabila roda kemudi diletakkan pada posisi misalnya ke kanan 100 maka dengan sendirinya daun kemudi akan bergerak

Pengetahuan Sistem Kemudi Kapal was last modified: December 26th, 2015 by tompul
Share
Keywords : contoh soal pilihan ganda sistem kemudi, fungsi fluid cooler, soal sistem kemudi pilihan ganda, sistem kemudi gokart, sistem kemudi pada atv, Urutan penyetelan sistem kemudi, stang rx king bergetar, kesimpulan sistem kemudi, pengertian backless, pemeriksaan rack
tags: Sistem Kemudi Kapal