Pemadam Kebakaran Sistem CO2

Share

Pemadam Kebakaran Sistem CO2

Alternatif lain bagi pangganti Halon adalah pemakaian system CO2. Bahan ini digunakan untuk memadakan api dengan menyingkirkan atau mengencerkan komposisi udara normal hingga kandungan oksigen melorot turun dari 21% ke 15% atau kurang. System pemadam CO2 memiliki sifat penetrasi yang baik serta meminimasi kerusakan sekunder pada bahan maupun peralatan yang dilindungi.

Penggunaan sistem CO2 harus dilakukan secara cermat karena pada konsentrasi desian 34-75% volume, merupakan kondisi yang kurang aman bagi penghuni ruangan, sehingga umumnya dipakai pada daerah atau ruang-ruang yang tidak dihuni secara terus-menerus, seperti pada ruang-ruang mesin, ruang trafo, genset, PABX dan ruang penyimpanan data.

clip image002 thumb27 Pemadam Kebakaran Sistem CO2

Sistem CO2 terdiri atas silinder/tabung, pemipaan, nozzle dan system deteksi otomatis atau system pembukaan/pelepas katub secara manual. Ruang-ruang tersebut harus terlebih dahulu dikosongkan terhadap penghuni/orang sebelum system dioprasikan. Tegangan waktu (delay) 30-60 detik sebelum system jalan atau aktivasi diperlukan untuk memberi peringatan peringatan kepada penghuni. Ada 2 (dua) jenis system CO2 yakni system CO2 tekanan tinggi (high pressure) dan tekanan rendah (low pressure). Dibandingkan dengan tekanan tinggi, maka system CO2 tekanan rendah ini lebih menguntungkan karena bisa menghemat ruang, dapat dibuat dalam modular unit, mampu memantau sendiri terhadap kebocoran gas dan gangguan sumber daya dan dengan demikian akan menghemat biaya pemeliharaan.

Penggunaan

a. Pembagian api meliputi elektronik dan peralatan laboratorium yang sulit

b. Pembagian api yang kecil pada cairan tangmudah terbakar akan melepaskan kedua permukaan vertical dan horizontal

c. Gunakanlah sedapat mengkin dengan api

d. Gerakanlah selang penyemprot dari sisi ke sisi

e. Majukanlah dengan berlahan-lahan sampai api padam

f.  Hati-hati dalam menggunakan karbon dioksida (CO2) ini karena bisa mengakibatkan mati lemas

g. Bersihkanlah tempat yang telah dipakai dengan segera dan tukarkanlah udara untuk pengganti udara yang baru

Pemadam Kebakaran Sistem CO2 was last modified: December 8th, 2015 by tompul
Share
tags: alat keselamatan kerja