Otto News : Motor Injeksi Masih Harus Dipanaskan Tiap Pagi, Benarkah?

Share

Otto News : Motor Injeksi Masih Harus Dipanaskan Tiap Pagi, Benarkah?

mesin injeksiXlusi.com |  Salah satu perkembangan teknologi di dunia otomotif adalah hadirnya mesin injeksi, khususnya pada sepeda motor. Beragam keuntungan bisa diperoleh dari engine injeksi, misalnya lebih hemat bahan bakar.

Lantas, adakah perbedaan perawatan antara mesin injeksi dan karburator, misalnya dalam memanaskan sepeda motor? Apakah engine bermesin injeksi juga mesti dipanaskan sekian menit seperti mesin karburator?

Misan, mekanik comparison Adolina Motor Sport yang terletak di Kukusan, Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa engine injeksi juga harus dipanaskan layaknya engine karburator.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena pada dasarnya cara kerja yang tetap sama, yaitu mesin yang harus tetap dilumuri oli agar lebih awet. Sementara agar semua bagian mesin itu terlumuri oli, tak ada cara lain selain memanaskan engine injeksi ini.

“Masih harus. Semua engine harus dipanaskan sebelum digunakan agar oli tersebar merata ke semua bagian mesin,” ujarnya kepada xlusi.com, Rabu (24/2/2016).

Ia menambahkan, menyalakan mesin engine di pagi hari sebaiknya dilakukan dengan kick starter, bukan electric starter. Tujuannya agar oli lebih mudah menyebar ke semua bagian mesin.

“Baiknya pula, disela dulu sekitar tiga kali sebelum kunci kontak on. Agar waktu engine hidup sudah ada oli yang melumuri mesin. Ibaratnya kalau orang, baru bangun tidur langsung minum atmosphere putih dulu,” tambah pria yang akrab disapa Cangklong ini.

Menyoal waktu, Misan mengatakan sebaiknya kendaraan dipanaskan dalam waktu 10 menit.

Sebelumnya, Izas Ismail, Sevice Advisor Mitra Jaya Depok, dealer resmi Honda kepada xlusi.com juga menyarankan agar engine injeksi tidak hanya didiamkan saat dipanaskan, tetapi juga digas. Tujuannya agar oli terdistribusi lebih maksimal.

Otto News : Motor Injeksi Masih Harus Dipanaskan Tiap Pagi, Benarkah? was last modified: February 25th, 2016 by tompul
Share
tags: injeksi, mesin, service