OTOTekno Honda Siapkan Mesin 2-Tak, Tapi Sudah Injeksi

Share

Xlusi.com–  Untuk membuat Efisiensi  pada mesin 2 Tak, Perusahaan yang sudah malang melintang di urusan Dapur pacu yaitu Honda melakukan penelitian dan akhirnya  melakukan inovasi otomotif dengan menciptakan mesin 2-tak versi modern. Honda berhasil memadukan teknologi yang sudah dianggap kuno itu dengan teknologi injeksi bahan bakar.

Seperti dilansir laman Gizmag, Selasa (21/7/2015), inovasi otomotif berupa mesin 2-tak dengan teknologi injeksi yang baru saja dipatenkan itu dipastikan bakal diaplikasikan pada salah satu sepeda engine terbaru racikan Honda.

Pabrikan berlambang sayap mengepak itu mengklaim mesin 2-tak alias mesin dua langkah versi complicated hasil risetnya itu memiliki bobot yang lebih ringan namun dengan performa yang lebih baik ketimbang mesin 4-tak seperti yang banyak beredar saat ini.

Dengan teknologi injeksi bahan bakar, gas buang dari mesin 2-tak itu dipastikan lebih bersih. Sedangkan mesin lebih awet karena piston juga akan lebih dingin.

Dalam siaran resminya, Honda menjelaskan injektor fuel pump akan menyemprotkan bahan bakar saat piston tertarik ke atas. Alhasil, bahan bakar tidak akan terbuang secara percuma melalui knalpot dan emisi menjadi ramah lingkungan tanpa mengurangi tenaga yang dihasilkan.

Sedangkan pada mesin 2-tak konvensional, bahan bakar disemprotkan saat piston tertarik ke bawah bersamaan dengan terbukanya saluran ke knalpot.

Tenaga yang dihasilkan memang besar, namun pembakaran bensin menjadi tidak sempurna sepeda engine terasa boros bensin serta knalpot mengeluarkan asap.

Honda menambahkan mesin 2-tak complicated itu memiliki ongkos produksi dan biaya perawatan yang lebih murah ketimbang mesin 4-tak.

Karena konfigurasinya termasuk sederhana, Honda optimistis mesin itu dapat diproduksi mandiri di pabrik Honda di seluruh dunia.

Selain Honda, pabrikan sepeda engine yang tengah mengembangkan inovasi otomotif serupa adalah KTM. Sayangnya mesin 2-tak racikan produsen otomotif asal Austria itu masih terbilang rumit dan memiliki biaya produksi yang lebih mahal.

Seperti diketahui, mesin 2-tak sempat populer pada sepeda engine di Indonesia epoch 80-an hingga awal 90-an. Namun setelah pemerintah memberlakukan standar Euro 2, mesin 2-tak mulai ditinggalkan dan pabrikan sepeda engine beralih ke mesin 4-tak.

OTOTekno Honda Siapkan Mesin 2-Tak, Tapi Sudah Injeksi was last modified: August 2nd, 2015 by tompul
Share
Keywords : animasi piston bergerak, gambar piston bergerak, gambar bergerak piston, animasi bergerak piston, akibat seal kruk as 2 tak rusak, dongkrak buaya tidak bisa naik, penyebab dongkrak buaya tidak mau naik, deteksi kerusakan membran 2tak
tags: 2 tak injeksi, injeksi, injeksi 2 tak, mesin, service