Mesin Diesel | Kelebihan dan Kekurangannya

Share

mesin dieselXlusi.com | Mesin diesel pada dasarnya merupakan mesin yang sama dengan mesin bensin (reciprocating engine), yakni tekanan hasil pembakarannya menyebabkan piston bergerak turun naik. Beberapa perbedaan utama dalam operasinya antara lain sebagai berikut:

  • Pada mesin diesel hanya udara yang dimampatkan pada tekanan tinggi (2492 kPa/30 Kgf/cm) sehingga temperatur meningkat (300 sampai 500 C) lalu bahan bakar diinjeksikan maka pengapian yang spontan terjadi dan membuat langkah pembakaran.
  • Katup gas (throtle valve) pada mesin diesel bukan untuk mengontrol jumlah udara yang masuk. Jumlah seluruh udara yang sudah masuk pada langkah awal.
  • Outputnya dikontrol oleh peningkatan dan penurunan penginjeksian bahan bakar.

1. Prinsip kerja Mesin Diesel

Untuk menghasilkan tenaga gerak pada mesin diesel dilakukan langkah-langkah proses sebagai berikut :

a. Langkah Masuk (Intake Stroke)

Dalam langkah masuk hanya katup masuk (intake valve) yang terbuka. Ketika piston turun dari titik TMA hanya udara disalurkan dari intake manifold ke dalam silinder melalui katup masuk.

b. Langkah Kompresi (Compression Stroke)

Ketika piston naik lagi dari TMB stetelah langkah masuk, katup masuk menutup, aliran udara berhenti. Udara dalam silinder dimampatkan seiring naikknya piston.

c. Langkah Injeksi ( Ignition) dan Langkah Pembakaran ( Combustion Stroke)

Ketika Langkah kompresi berakhir bahan bakar diijeksikan kedalam udara bertemperatur dan bertekanan tiinggi, maka terjadilah pembakaran.

saat itu partikel bahan bakar yang diijeksikan bahan bakar yang diijeksikan oleh nozzle ke dalam ruang pembakaran berubah akibat udara. Sehingga mampu mendorong piston bergerak turun.

Gambaran perubahan bahan bakar  yaitu:

1. Partikel bahan bakar dipanaskan

2. Penguapan mulai terjadi

3. Ketika partikel itu dicampur dengan udara bertekanan tinggi, partikel itu dapat terbakar sehingga dapat mempercepat penguapan dan pencampuran sisa bahan bakar. saat itulah pembakaran yang sempurna dapat terlaksana.

d. Langkah Pengeluaran (Exhaust Stroke)

Gas pembakaran keluar dari silinder melalui katup (exhaust valve) seiring dengan gerak piston ke TMA. Ketika piston mencapai TMA, saat itu langkah masuk diulangi lagi dan siklus yang sama akan terulang.

Kelebihan Mesin Diesel 

Kelebihan #1

Dalam hal keekonomisan bahan bakar, mesin diesel berada di atas mesin bensin.

Mesin diesel umumnya memberikan 25 hingga 30 persen jarak tempuh bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin.

Mesin diesel juga dapat memberikan penghematan bahan bakar sebanyak atau lebih dari hibrida bensin-listrik tradisional, tergantung pada model dan perkembangan teknologi otomotif yang telah dicapai.

Kelebihan #2

Bahan bakar diesel adalah salah satu bahan bakar paling efisien saat ini. Efisiensi mesin diesel lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin sehingga pada gilirannya mampu menghemat bahan bakar lebih baik.

Kelebihan #3

Mesin diesel tidak memerlukan busi. Oleh karena itu meniadakan perawatan dan penggantian bagian pengapian.

Kelebihan #4

Mesin diesel umumnya dibangun lebih kuat untuk menahan kompresi yang lebih tinggi.

Akibatnya, mesin diesel cenderung lebih awet dibandingkan mesin bensin sebelum memerlukan perbaikan besar.

Mercedes-Benz memegang rekor umur terpanjang ketahanan mesin diesel yang bisa beroperasi hingga hampir 1,5 juta km.

Kelebihan #5

Mesin diesel dikenal memiliki torsi lebih besar dibandingkan mesin bensin.

Torsi yang lebih tinggi berarti kenyamanan yang lebih baik terutama jika harus melibas medan-medan berat.

Kekurangan Mesin Diesel

Kekurangan #1

Meskipun solar dianggap lebih efisien karena mengubah panas menjadi energi, alih-alih membuangnya keluar knalpot seperti mesin bensin, dalam hal akselerasi, mesin diesel kalah dibandingkan mesin bensin.

Sebagai perumpamaan, mesin bensin ibarat kuda pacuan – cepat dan berapi-api – sedangkan mesin diesel lebih mirip kuda pengangkut – lebih lambat, lebih kuat, dan lebih tahan lama.

Kekurangan #2

Mesin diesel masih perlu perawatan rutin untuk menjaga kondisinya tetap baik. Anda harus mengganti oli dan filter bahan bakar.

Bahan bakar diesel yang lebih bersih tidak lagi mengharuskan Anda untuk mengeluarkan kelebihan air dari sistem mesin, tetapi masih banyak kendaraan memiliki pemisah air yang perlu dikosongkan secara manual.

Kekurangan #3

Jika mengabaikan pemeliharaan dan sistem injeksi bahan bakar rusak, Anda mungkin harus membayar lebih banyak untuk menggantinya dibandingkan mesin bensin karena mesin diesel umumnya memiliki teknologi yang lebih maju.

Mesin Diesel | Kelebihan dan Kekurangannya was last modified: November 29th, 2016 by tompul
Share
Keywords : kelebihan dan kekurangan elemen leclanche
tags: mesin diesel