Mengungkap Secara Lengkap Spesifikasi Toyota Agya

Share

mobil murahXlusi.com – Untuk Anda pencinta dunia otomotif khususnya kendaraan roda empat, pastinya kenal dengan mobil murah ramah lingkungan atau sering disebut dengan low cost immature car (LCGC).

Beberapa produk LCGC dari berbagai merek mobil kenamaan, saat ini banyak ditawarkan dengan harga harga Rp85 jutaan hingga Rp132 jutaan.  Dalam kurun waktu dua tahun belakangan sejak menjamur pada tahun 2013, mobil di segmen ini ternyata laris manis di pasaran. (baca; Nih, 5 Mobil LCGC Paling Laris di Tahun 2015).

Berdasarkan information Gaikindo, salah satunya merek LCGC yang pale laris nomer satu diantara lima besar produsen di Indonesia adalah Toyota Agya. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 bersama saudara kembarnya Daihatsu Ayla, yang kini menjadi trendcenter LCGC di Indonesia.

Toyota Agya berhasil mengambil perhatian masyarakat dengan indication city automobile yang memiliki bodi kompak serta handal untuk melibas jalanan dalam kota. Toyota Agya memiliki desain yang mungil membuat pengendara enjoy menggunakannya didalam kota. Segmen LCGC memang terkesan ringkih, namun hal tersebut dapat ditepis oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) dengan membenamkan fitur keselamatan dan kenyamanan.

Popularitas Toyota Agya sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Agya memiliki desain yang cenderung umum artinya bisa dipakai oleh segala kalangan. Dari hasil uji kelayakan tingkat Asia Tenggara, Agya mendapatkan rating 4 dari 5 dari hasil pengujian oleh ASEAN NCAP. Dibalik kap mesin telah bersandar mesin berkapasitas 1.000 cc berkode 1KR 12 dengan 3 silinder 12 katup DOHC. Mesin ini cukup bertenaga, dan efisien untuk dalam kota tapi tak bisa dipungkiri juga melibas luar kota.

Desain Bodi Mungil Namun Stylish

Tampilan fisik Toyota Agya membawa kesan city automobile yang mengusung konsep fun driving. Toyota semaksimal mungkin menghadirkan Agya yang disesuaikan dengan karakter pengemudinya. Toyota Agya memiliki beberapa tipe yaitu E, G dan TRD S. Bagian eksterior E dan G cenderung sama, namun, untuk varian E tergolong rendah sebab belum menggunakan Alloy Wheels, sedangkan tipe G sudah menggunakan Alloy Wheels berukuran 14”.

Bagian grill tipe E dan G dibuat menyambung antar lampu serta ditambah dengan fog flare bulat yang membuatnya semakin manis. Bagian samping Toyota Agya memiliki ciri khas Toyota, yaitu indication minimalis serta ditambahkan dengan aksen chrome yang melintang sepanjang bodi. Selain itu untuk tipe teratas TRS S, mengusung indication yang sama tapi dengan penambahan bodikit TRD yang membuat tampilan Agya lebih sporty.

Selain itu, karena TRD S tipe teratas, maka sudah dilengkapi dengan electric outdoor mirror. Berpindah ke bagian belakang, Toyota Agya memiliki desain lampu tegak yang minimalis. Bedanya untuk tipe TRD S, agak sedikit melompong untuk menambahkan kesan sporty.

Interior cukup lapang dan nyaman

Setelah mengupas eksterior, kemudian masuk kebagian interior. Toyota Agya menghadirkan interior yang cukup baik dikelasnya, karena Toyota tidak mau mengorbankan interior untuk menekan angka produksi. Interior Agya didominasi dengan warna abu-abu dan hitam. Aksen china membuat desain interior Agya terlihat manis.

Desain minimalis pada Toyota Agya membuatnya cukup mudah dikendarai. Sama halnya dengan LCGC lainnya, Toyota Agya dibekalidengan row AC, power windows, serta Agya sudah dilengkapi dengan seatbelt dengan teknologi baru. Agya membenamkan indication ISOFIX untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang, serta keamanan ketika penumpang sedang membawa bayi.

Untuk bagian belakang, Toyota Agya menghadirkan leg room yang cukup lega dikelasnya. Walaupun mobil ini terlihat secara eksterior, namun tidak buat interiornya. Untuk penumpang belakang, Agya cukup nyaman serta volume bagasi yang besar dikelasnya.

Dimensi Kompak Ala LCGC City Car

Desain LCGC memang tidak perlu besar, tapi juga tidak sempit. Secara fisik, Agya memiliki dimensi sebesar 3600x1600x1520 mm dengan bobot kosong 180kg. Walaupun tidak besar, untuk interior Agya terasa lapang dikelasnya dan tidak perlu berdesakan ketika berada didalamnya. Untuk jalan-jalan dalam kota dengan tingkat mobilitas tinggi, Agya sangat cocok menjadi teman bepergian. Selain perjalanan dalam kota, Agya juga bisa digunakan untuk perjalanan luar kota walaupun manuvernya tidak terlalu maksimal.

Berkat kaki-kaki yang handal serta ground clearway yang tinggi, membuat Agya tetap bisa melibas perjalanan luar kota. Agya dibekali dengan suspensi MacPherson Struts dengan pegas koil untu bagian depan, dan almost independent torsion spindle lamp dengan pegas koil dibagian belakang. Berbekal suspensi yang mumpuni, Agya memberikan kenyamanan  dan stabilitas tinggi dalam berkendara.

Dapur Pacu Lebih Efisien dan Bertenaga

Dibalik kap mesin Toyota Agya telah bersandar mesin berkapasitas 1.000 cc berkode 1KR 12 dengan 3 silinder 12 valve DOHC. Mesin 3 silinder Toyota Agya tidak perlu diragukan, sebab, mesin ini mampu menghasilkan performa yang cukup besar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 65,3 hp pada putaran 6.000rpm, serta torsi sebesar 88kgm pada putaran 3.600 rpm.

Dengan torsi yang cukup besar, membuat Agya semakin lincah di daerah perkotaan. Agya memiliki akselerasi yang cukup tinggi, serta perpaduan bodi mungil membuatnya nyaman dikendarai dalam kota dengan tingkat mobilitas tinggi. Untuk efisiensi bahan bakar Agya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Konsumsi BBM Agya terbilang sangat irit, sebab sudah menggunakan mesin berteknolofi Electronic Fuel Injection (EFI).

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Tingkat International

Mobil LCGC memang terkesan ringkih, namun jangan salah dengan Toyota Agya. Toyota Agya sudah mendapatkan sertifikat general tingkat Asia Tenggara untuk sistem keamanan. Dari hasil uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, Toyota Agya memperoleh rating 4 dari 5. Toyota Agya dilengkapi dengan fitur keselamatan Dual SRS Airbag yang menjadi fitur standart disemua tipe. Selain itu terdapat body structure bolster yang melindungi seluruh bodi Agya saat terjadi benturan.

Sabuk pengaman Toyota Agya juga sudah menggunakan pretensioner dan forsce limiter, serta jok ISSOFIX  yang memberikan rasa aman ketika membawa bayi agar tidak terlepas ketika terjadi kecelakaan.

Untuk fitur keamanan, Agya sudah dilengkapi dengan 5 alarm setting. Untuk fitur kenyamanan, Toyota memberikan kemudahan untuk mengatur spion dengan electric mirror, serta power steering electric, AC, power doorway lock, energy windows, dan juga Eco Indicator untuk megetahui konsumsi bahan bakar. Untuk entertainmennya, Agya sudah dilengkapi dengan 2 DIN yang dilengkapi dengan multi information arrangement (MID).

 

Mengungkap Secara Lengkap Spesifikasi Toyota Agya was last modified: January 28th, 2016 by tompul
Share
Keywords : cara membuka tutup bensin mobil agya, cara buka tutup bensin agya, bumper agya renggang, cara membuka bensin agya, tune up toyota agya, kelistrikan agya, cara memebuka tutup bensin agya, kunci busi ayla agya, ukuran kunci busi agya, wiring diagram mobil agya
tags: agya, mobil, toyota