Mengenal Teknologi Turbo Pada Mesin Mobil

Share

Xlusi.com | Penggunaan Mesin turbo  sudah banyal dikenal orang, mesin berteknologi turbo sekarang sudah banyak disematkan pada mobil baik mobil diesel ataupun bensin, Sering orang bertanya-tanya  apa yang dimaksud dengan mesin turbo? hal ini menjadi pertanyaan yang cukup banyak masuk ke redaksi xlusi.com.  Sebernarnya penggunaan awal dari teknologi turbo banyak digunakan pada mobil diesel untuk menambah daya tariknya pada putaran mesin tertentu akan tetapi sekarang mobil bermesin bensin juga banyak memakai teknologi turbo untuk memperbesar tarikan/ hentakan kecepatan pada putaran mesin tertentu.

Pnggunaaan Teknologi turbo memang ditujukan untuk meningkatkan tenaga mobil secara spontan ketika Rpm mesin menyentuh titik tertentu misalnya 4000 Rpm atau yang lain, peningkatan tenaga ini bisa memberikan sensasi pada driver seperti mengendarai mobil sport, seperti saat menyentuh Rpm tertentu maka turbo akan aktif dan terjadi lonjakan tenaga dan mobil seperti di dorong dari belakang.

Teknologi turbo ini sebenarnya adalah ditambahkannya alat yang befungsi menambah pasokan udara pada ruang bakar. Memanfaatkan sebuah kipas yang diputar oleh gas buang untuk menarik udara bersih masuk pada ruang bakar dalam waktu tertentu, komponen utama turbo adalah kipas turbin, kipas kompresor, as dan body.

Cara kerjanya adalah kipas turbin akan berputar ketika terkena gas buang, putaran dari kipas turbin akan memutar kipas kompresor, kemudian kipas kompresor akan menghisap udara bersih dan memasukkannya ke dalam silinder/ ruang bakar melalui intake manifold, penambahan udara berarti menambah oksigen yang befungsi untuk mempercepat pembakaran.

turbo

turbo ini berbeda-beda tiap mobil (pada rpm berapa turbo aktif), nah untuk pecinta otomotif juga harus menyesuaikan terhadap mesin turbo ketika mengendarainya

Mengenal Teknologi Turbo Pada Mesin Mobil was last modified: November 15th, 2015 by tompul
Share
Keywords : setel mesin dyna turbo intercooler
tags: turbo