Mengenal Lebih TORQFLOW TRANSMISSION Pada Alat Berat

Share

Xlusi.com | Pada penggunaan alat berat Komatsu, Caterpillar, Bomag dan juga yang lainnya ada komponen yang diberi nama Torqflow transmission. Untuk lebih tahu tentang komponen ini silahkan lihat ulasan tentang komponen ini.

Torqflow transmission adalah merupakan alat pemindah tenaga yang menggunakan fluida dalam hal ini oli sebagai pengontrolnya. Torqflow transmission berfungsi untuk

mengatur kecepatan gerak, maju, mundur dan pada alat alat besar yang tak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan torsi dengan cara mereduksi putarannya melalui perbandingan jumlah gigi – giginya pada transmisi.

Pemasangan Torqflow transmission biasanya dipasang bersama torque converter apabila tanpa torque converter biasanya disebut hidroshift trasnmission. Torqflow transmission juga dinamakan powershift trasnmission. Sedangkan keuntungan dari alat ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pengoperasaian kenyamanan dan lain – lain yang akhirnya akan mempengaruhi poduktivitas alat.

Pada Komatsu diapaki 2 tipe power shift transmission :

A.  Planetary Gear System.

B.  Counter Shaft System.

A.  PLANETARY GEAR SYSTEM.

Planetary gear system terdiri dari tiga elemen, yaitu : Sun gear, Carrier dan   Ring gear. Apabila mencoba untuk memutarkan dua elemen dari ketiganya atau   satu diputar sedangkan satu lagi ditahan maka akan menghasilkan putaran   yang bervariasi pada elemen outputnya, lebih cepat atau lebih lambat, maju   atau mundur.

Speed ratio dari gear penggerak dengan gear yang digerakkan adalah   tergantung jumlah gigi dari masing – masing gear. Kebanyakan pemakaian dari   planetary gear system terdapat pada transmission system yang mana untuk   kecepatan putar dan arah putar dariintpu dapat diubah bervariasi dalam   berbagai tingkatan pada planetary gear system.

planetray gear

Dari Gambar disamping . Input shaft dihubungakan dengan planetary carrier ( untuk lebih   singkat selanjutnya disebut CARRIER ), sedangkan output shaft dihubungkan   dengan sun gear. Ketika kedua ring gear ditahan diam tak berputar ( dengan   cara meng-engage-kan clutch yaitu mengikat ring gear dengan case ). Maka   sun gear yang selanjutnya sebagai output : akan mendapat tenaga putar dari   input.

Dikarenakan adanya perbedaaan jumlah gigi dari kedua sun gear ( lihat

gambar ) maka apabila clutch untuk speed 2 di-engage-kan,  output putarannya   akan lebih cepat daripada clutch untuk speed 1 yang di-engage-kan.

 

Macam – macam Planetary Gear System.

Terdapat 2 macam planetary gear system :

1.  Single Pinion Type.

single pinion

Keterangan :

Putaran sun gear dihubungkan dengan ring gear melalui sebuah planet   pinion.

Apabila carrier ditahan, ring gear akan berputar berlawanan arah terhadap sun   gear kalau sedang berputar. Ini salah satu aplikasi pada planetary gear   transmission untuk mendapatkan posisi gerak mundur ( Reverse ). Yaitu   dengan cara menahan carriernya, apabila sebagai input adalah sun gear   berputar ke kanan dan sebagai outputnya ring gear maka ring gear akan   beputar ke kiri.

2.  Dual Pinion Type.

dual pinion

Keterangan :

Pada gambar menunjukkan Dual, yang mana mempunyai 3 pasang pinion   ( 6 buah ). Pada sistem ini apabila carrier ditahan maka sun gear dan ring   gear akan searah putarannya. Namun apabila ring gear yang ditahan   akibatnya carrier akan berlawan dengan sun gear. Aplikasi dari planetary   gear system seperti digunakan untuk gerak mundur ( reverse ). Yaitu sun   gear sebagai input putaran berputar ke kanan, carrier sebagai output akan   berputar ke kiri apabila ring gearnya ditahan.

Mengenal Lebih TORQFLOW TRANSMISSION Pada Alat Berat was last modified: December 20th, 2015 by tompul
Share
Keywords : cara pasang rasio mio, pengertian hypoid bevel gear, fungsi main gear, susunan rasio mio, cara memasang rasio mio, susunan gear rasio mio, cara pasang gir rasio mio, Susunan gigi rasio mio, cara membuat gardan rc, fiz r 5 speed
tags: Planetary Gear System., Single Pinion Type, Torqflow transmission