Mengatasi Kick Stater Vega Ngelos

Share

COWXlusi.com |  Jika kita membongkar mesin  sepeda motor maka akan mengenal mekanis Clutch One Way (COW), piranti pengkopel mangkuk kopling ganda dan gigi primer sebagai penerus gigi skunder saat menghidupkan mesin via pedal starter, sifatnya sementara.

“Tapi, ketika kualitas oli mesin nggak dijaga atau terlalu lama dalam penggantian lebih di atas 2500 KM, dipastikan COW sering mengalami problem,” buka Pleki pebengkel harian yang ramai jadi rujukan di kawasan Raya Tenggilis, Surabaya.

Awal problemnya, saat mengengkol pedal starter COW tak bisa mengkopel mangkuk sentrifugal. Gigi primer otomatis nggak bisa berputar. Reaksi pedal starter jadi ngelos, seperti saat mengengkol pedal starter dengan kondisi busi yang dilepas. Macam yang terjadi pada New Vega R. Kalau sampai dibiarkan berlarut-larut, bisa jadi perangkat COW rompal.

Memang sih problem demikian, mesin masih bisa dihidupkan dengan mode electric starter alias double starter. “Tapi, tetap saja kan saat pagi hari awal menghidupkan mesin, voltage aki kurang stabil dan butuh pedal starter untuk menghidupkannya,” ingat Pleki.

Selain seringnya terlambat penggantian oli mesin, problem ini juga bisa dipicu oleh keterlambatan penyetelan katup, alias sering dibiarkan dalam keadaan clearence lebih longgar dari spesifikasi yang ditentukan, yakni 0,07 mm in dan ex.

Pasalnya, dengan kondisi katup yang longgar, nilai over lap jadi minim. Kompresi diumpan kian meningkat, sehingga beban gesekan yang diterima piranti COW jadi lebih meningkat. “Sama halnya dengan kondisi kerak di ruang bakar yang meningkat,” urai Pleki.

Untuk mengatasi problem ini tak ada cara lain, terkecuali menggantinya dengan COW yang baru. Untuk perawatan lainnya, biasakan mengganti oli mesin lebih awal di 1500 KM. Dan lakukan penyetelan katup rutin di setiap 6 bulan, berikut membersihkan kerak ruang bakar di 12.000 KM atau dalam kurun waktu 1,5.

“Terlebih lagi bagi pengendara yang aktif berkendara di metropolis,” ingatnya.

Mengatasi Kick Stater Vega Ngelos was last modified: April 5th, 2017 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : kick starter vespa ngelos, selahan vespa ngelos
tags: Kick Stater Vega Ngelos