Mengatasi Kerusakan Pada Pegas atau Per Daun

Share

Xlusi.com | Kita mengenal per daun, pegas ini biasanya dibuat dari plat baja yang memiliki ketebalan 3 – 6 mm. susunan pegas daun terdiri atas 3 – 10 lembar plat yang diikat menjadi satumenggunakan baut atau klem pada bagian tengahnya. Pada ujung plat terpanjang dibentuk mata pegas untuk pemasangannya. Sementara itu bagian belakang dari plat baja paling atas dihubungkan dengan kerangka menggunakan ayunan yang dapat bergerak bebas saat panjang pegas berubah-ubah karena pengaruh perubahan beban.

Pegas daun biasanya digunakan pada kendaraan angkutan seperti pick-up, truck, dan ada beberapa mobil penumpang yang juga menggunakan pegas tipe ini. Pegas ini mempunyai keuntungan kontruksinya lebih sederhana, dapat meredam getaran sendiri, lebih kuat dan juga berfungsi sebagai lengan
82
penyangga (tidak memerlukan lengan memanjang dan melintang). Pada pegas tipe ini biasanya yang paling banyak terjadi kerusakan adalah bushingnya.

pegas daun

Pemasangan pegas daun : yaitu pegas daun dipasang diatas poros roda belakang dan pegas daun dipasang dibawah poros roda belakang. Kebanyakan pegas daun dipasang tepat ditengah-tengah panjang pegas tersebut sehingga bagian depan dan belakang sama panjang. Tetapi ada juga pemasangan pegas daun yang tidak tepat ditengah, yaitu bagian depan lebih pendek dari bagian belakang, getaran yang timbul ketika kendaraan direm atau meluncur dapat dikurangi. Saat kendaraan berat tidak menerima beban berat maka yang digunakan saat itu pegas primer, sedangkan saat diberi beban berat maka pegas primer dan sekunder akan bekerja bersama-sama.

Kerusakan yang sering terjadi adalah pada karet-karet mata pegas, jika ini terjadi kerusakan maka akan terjadi suara pada saat melewati jalan yang tidak rata.

Mengatasi Kerusakan Pada Pegas atau Per Daun was last modified: October 15th, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : cara perawatan pegas daun, communitylck
tags: Kerusakan Pada Pegas, pegas daun, per daun