Membersihkan Sendiri Injektor/ nozel Panther

Share

Membersihkan Sendiri  Injektor/ nozel Panther

Xlusi.com | Dalam berkendara dengan mobil panther terkadang kita  merasakan tariakan bolot alias sudah tidak bertenaga dan tidak mampu berlari kencang, ada kemungkinan nozel dan injektornya kotor. Injektor/ nozel yang kotor akan mengakibatkan gangguan suply bahan bakar ke ruang bakar sehingga berakibat performa mesin menurun. Idealnya solar disemburkan oleh nozel ke ruang bakar dalam bentuk semburan sempurna (seperti kabut pekat), semakin kecil partikel solar yang disemburkan, maka pembakaran akan berlangsung semain baik. Sebaliknya jika nozle sudah kotor, maka semburan bahan bakar ke ruang bakar tidak bisa berkabut (sering orang bilang seperti kencing) akibatnya pembakaran terjadi kurang bagus.
Untuk itu perlu dilakukan perawatan / pembersihan nozel yang kotor tersebut bahasa yang sering dipakai “purging”. Beberapa bengkel mobil diesel dapat melayani purging (dengan obat purging khusus dan metode purging tertentu) sehingga hasilnya performa mesin akan kembali prima. Biaya berkisar Rp. 250.000 (termasuk Liquimoly dan jasa purging).
Namun apabila anda ingin melakukannya sendiri (DIY) maka dapat dilakukan pembersihan nozel / injektor kotor dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.Belilah cairan pembersih nozel / injektor semisal : Liquimoly, STP injektor cleaner Diesel(warna biru), Preston injector cleaner, Diesel power injector cleaner, Redex Diesel, dan lain-lain (banyak dijual di supermarket).

pembersih solar

2.Campurkan sebotol cairan tersebut ke dalam tanki bahan bakar yang diisi penuh (full tank). Dengan cara ini anda akan mulai merasakan perbaikan perfoma kendaraan setelah minimal tiga perempat solar dalam tanki habis.

3.Efek perbaikan performa kendaraan akan semakin terasa bagus dikala anda menjalankan kendaraan untuk jarak jauh (keluar kota) dan mengemudi dengan melakukan efek “italian tuneup” yakni mengemudikan kendaraan dengan RPM tinggi (di atas 3500 rpm) pada gigi 3, 4 dan 5. sehingga mesin bekerja di atas RPM yang biasa anda capai. Efek peningkatan performa akan cepat tercapai.
4.Biasakan untuk melakukan pembersihan injektor ini minimal tiap interval 10.000Km untuk menjaga nozel injektor terjaga kebersihannya.
Keempat langkah di atas adalah langkah standart, namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih baik maka bisa anda lakukan langkah sebagai berikut.
1.Beli cairan pembersih injektor.
2.Buka filtersolar dari dudukannya kemudian kosongkan solar yang ada didalamnya.
3.Tuang sebotol cairan pembersih injektor tersebut ke filtersolar (jika masih ada sisa bisa dimasukkan ke tanki bahan bakar).

4.Pasang kembali filter solar ke dudukannya
5.Pompa dengan tangan pada fuel pump untuk membuang angin (agar tidak masuk angin)
6.Jalankan mobil dan lakukan italian tune up.
7.Rasakan performa Panther anda, tidak kalah dari tarikan mobil bensin tarikannya

 

Membersihkan Sendiri Injektor/ nozel Panther was last modified: December 29th, 2015 by tompul
Share
tags: Injektor/ nozel Panther, membersihkan nozzel panther