Home » Tools » Macam-macam PUSH-ON CLIPS

Macam-macam PUSH-ON CLIPS

Share

Macam-macam PUSH-ON CLIPS

Push-On Clips dari Bahan Baja Pelat
1. Simple push-on clips.
Terdapat beberapa jenis push-on clips, salah satu jenis push-on clips yang sangat sederhana adalah simple push-on clips.

Konstruksinya mirip dengan spire speed nut, dengan garpu pengunci yang dibuat dengan ketinggian sejajar. Perbedaannya dengan spire speed nut adalah bahwa push-on clips tidak dipasangkan dengan mengikuti ulir yang ada pada sekrup, melainkan dipasangkan pada batang pengunci (pin stud). Pada saat push-on clips ditekan ke batang pengunci, kaki-kaki pelat dasar klip menekan permukaan benda kerja, sehingga garpu pengunci mencengkeram batang pengunci dengan kuat. Tekanan kaki-kaki pelat dasar klip dan gaya kepegasan pelat dasar akan mempertahankan push-on clips tetap pada posisinya.
Belakangan ini push-on clips diproduksi dalam berbagai bentuk, dari simple push-on clips yang berkonstruksi sangat sederhana dan masih digunakan secara luas, sampai push-on clips yang lebih modern seperti blanked-types (tubular clips), multi-pronged clips untuk stud berbentuk segi empat, dan push-on clips dari bahan plastik (plastic-capped type).

 

 

b. Push-On Clips dari Bahan Plastik
Penggunaan push-on clips dari bahan plastik memiliki kelebihan dibandingkan dengan push-on clips dari bahan baja. Push-on clips yang terbuat dari bahan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap karat dan tidak mudah patah pada saat dilakukan pekerjaan bongkar pasang. Beberapa push-on clips yang terbuat dari bahan plastik adalah :
1. Pin and Grommet (Two stage Rivet)
Pin & grommet sesuai digunakan untuk menyatukan panel atau lembaran pelat, misalnya pada pemasangan modul ke bodi kendaraan. Pada saat terpasang, bagian bodi grommet yang berada dalam lubang sambungan mengembang sehing-ga menghasilkan ikatan yang kuat.

Pemasangan pin & grommet ini sangat sederhana, cukup memasukkan pin & grommet ke dalam lubang sambungan yang telah dipersiapkan sebelumnya, kemudian menekan (push-on) pin dengan tekanan yang cukup ringan, pin akan terpasang sepenuhnya. Pin & grommet jenis ini memiliki daya tahan yang baik, kekuatan ikatan yang dihasilkan tetap baik meskipun dilakukan pekerjaan bongkar pasang berkali-kali.
Ikatan yang dihasilkan pin & grommet memiliki kekuatan tarik antara 55 – 444 lbs, tergantung dari spesifikasi pin & grommet yang digunakan. Ukuran pin & grommet yang terdapat di pasaran dapat digunakan diameter lubang 6,0 – 8,0 mm, dengan ketebalan panel antara 1,0 – 5,0 mm.

2. Push Buttons
Push buttons digunakan untuk mengikat dan memasang komponenkomponen pada interior kendaraan, seperti karpet, soft trim, maupun trim covers.
Kegunaan lain dari push button adalah untuk mengikatkan penahan kabelkabel kelistrikan ke panel bodi atau rangka kendaraan .

Share

Categories

statistik

Cek Xlusi

Checkpagerank.net
-