Kerusakan Kamprat (Rantai Chamshaft)

Share

Chamshaft merupakan peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin. Klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke ruang bakar mesin.

Pergerakan chamshaft ini dilakukan oleh rantai yang dihubungkan dengan poros engkol, nah rantai ini bisa jadi molor Bahkan, dalam kasus yang ekstrem rantai tersebut putus. Akibatnya, di saat motor melaju kencang akan tiba-tiba berhenti dan motor sulit dikendalikan. Sebab bagian-bagian yang rontok itu akan mengenai girbok dan kepala silinder mesin.

Kali ini saya akan memberikan Ulasan tentang bagaimana Mendeteksi kerusakan kamprat dan Solusi Penanganannya.

Penyebab Kerusakan

Seiring dengan waktu pemakaian yaitu tiga hingga lima tahun, peranti itu akan aus. Namun beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga turut memicu terjadinya kerusakan tersebut.

Perlakuan yang salah itu antara lain, suhu mesin yang kerap panas melebihi standar, putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap, serta penggantian oli yang sering terlambat.

Pergantian Rutin

Selain rutin melakukan pemeriksaan, yaitu minimal setahun sekali, juga disarankan untuk mengganti oli secara rutin dan tepat waktu.

Bila Anda ragu, bawalah motor Anda ke bengkel tepercaya dan telah kenal baik dengan Anda. Namun, sebelum membawanya ke tempat tersebut sebaiknya Anda telah paham dengan seluk beluk tentang rantai keteng tersebut. “Biar tidak dikelabui oknum yang tidak bertanggung jawab,”

Bila motor Anda merupakan motor yang berjenis menggunakan tensioner, maka pahami juga bagian tensionernya. Tensioner adalah peranti untuk mengatur tingkat ketegangan rantai tersebut. Hal ini perlu diperhatikan, pasalnya dalam beberapa kasus ternyata rantai keteng tersebut tidak mengalami masalah, dan yang bermasalah hanya pada tensionernya.

Jika itu terjadi, maka cukup menyetel ulang tensioner. Namun, bila keduanya — baik rantai maupun tensioner — telah aus, sebaiknya diganti semua.

Cara Mendeteksi

Cara untuk mendeteksi masalah ini sejatinya cukup mudah. Caranya, panasi motor Anda pada pagi harus dan dengarkan apakah ada suara-suara berisik seperti tek, tek, tek… Bila suara tersebut dalam waktu 10 – 15 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah. “Artinya kualitas oli telah jelek, sehingga harus diganti,”

Namun, jika ternyata lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah.

Adapun cara untuk mencegah permasalahan ini, selain rajin mengganti oli adalah jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang ditoleransi pabrikan. Selain itu gunakan teknik mengendara yang baik dan benar, terutama di kala melibas jalanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar

Kerusakan Kamprat (Rantai Chamshaft) was last modified: July 4th, 2013 by tompul
Share
Keywords : cara ganti rantai keteng mio, ciri ciri membran rx king rusak, gejala membran rx king rusak, cara setel rantai keteng byson, cara mengganti rantai keteng yamaha mio, cara setel rantai keteng gl 100, cara pasang rantai keteng mio, cara mengganti rantai keteng mio, cara bongkar rante keteng mio, cara ganti rante keteng mio
tags: akibat kerusakan kamprat, analisa kerusakan pada rantai, avanza teming bel atau rante keteng, cara cek rantai keteng, cara memperbaiki power steering, cara memperbaiki rantai keteng, cara pasang rante keteng mx, ciri ciri kerusakan pada rantai kamrat sepeda motor, ciri ciri rantai keteng kendor, ciri ciri rantai motor kendor, Ciri rantai keteng rusak, ciri-ciri rante keteng rusak, ciri2 rantai keteng rusak, efek rantai keteng motor kalau rusak, gambar rantai rusak, gambar rantai yang rusak, gangguan pada gardan, gejala kerusakan rantai kamprat, gejala rantai kamrat rusak, harga rantai keteng avanza, harga rantai keteng mx, jenis-jenis rantai keteng alias rantai kamprat atau timing chain pada motor, kamprat, kamprat berbunyi penyebabnya, kamprat motor, kerusakan pada vga dan akibat-akibatnya, kerusakan rantai keteng pada motor, kerusakan rante keteng, Mendeteksi bunyi klep mobil avansa, mendeteksi kerusakan rantai keteng, mengatasi kamprat putus, mx di gas gak mau jalan, penyebab jika rantai keteng mulai rusak, penyebab kamprat rusak, penyebab kerusakan pada mesin dvd, penyebab rantai keteng rusak, rantae keteng yamaha mx rusak, rantai kamprat, rantai kamrat mobil, rantai kecil motor, rantai keteng, rantai keteng avanza, rantai keteng mx, rante kamprat, rante keteng avanza, rante keteng mx, Rante keteng rx king, Rusaknya kamrat, suara tek tek berarti piston mobil rusak?, usia timing chain avanza