Kenali Pertanda Lampu Di Dashboard Mobil

Share

Kenali Pertanda Lampu Di Dashboard Mobil

Hal biasa yang kita lakukan adalah membuka pintu mobil, masukkan kunci kontak, menyalakan AC, pasang sabuk pengaman, lalu mulai melaju. Itulah umumnya yang dilakukan ketika akan berkendara. Namun, pernahkah Anda memerhatikan terlebih dahulu lampu-lampu yang menyala di row dashboard mobil sebelum mulai mengemudi? Jarang sekali yang memperhatikan hal tersebut. Asalkan mesin mobil menyala, Anda tentu tak memperdulikan lampu-lampu yang ada.

Namun, tahukah Anda bahwa lampu-lampu tersebut ternyata memberikan isyarat yang harus dimengerti oleh si pengemudi? Dan setiap lambang lampu mengindikasikan bagian tertentu dari mobil? Jika Anda kurang mengerti mengenai lampu-lampu itu dan tindakan yang harus dilakukan, Anda wajib untuk membaca lebih lanjut artikel ini.

Merah Berarti Berhenti

Sama seperti lampu lalu-lintas, warna merah yang muncul di ikon-ikon dashboard mobil berarti meminta Anda untuk berhenti, lalu melakukan pemeriksaan di bagian yang diidentifikasikan. Sementara itu, jika ikon tersebut berwarna kuning berarti membutuhkan perhatian atau pengecekan, dan jika ikon berwarna hijau atau biru berarti komponen mobil yang dilambangkan oleh ikon-ikon tersebut baik-baik saja dan berfungsi normal.

 

1. Ikon Berwarna Merah

Jika ikon-ikon di dashboard mobil Anda berwarna merah, berarti membutuhkan tindakan atau penanganan secara langsung untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut.

 

Ikon oli

Jika ikon oli di dashboard mobil berwarna merah, biasanya ketika posisi kontak mobil masih dalam posisi on joke ikon ini sudah menyala, segeralah hentikan mobil Anda dan matikan mesin mobil. Lalu, periksalah oli mesin mobil, apakah masih dalam jumlah banyak atau sudah habis. Jika oli sudah hampir habis, segera tambahkan oli mesin sebelum mengemudi lebih jauh. Jika ternyata jumlah oli masih banyak tapi ikon menyala berwarna merah, bawa mobil ke bengkel untuk memeriksakan apa ada sesuatu yang salah.

Ikon temperatur

Anda harus memberi perhatian lebih jika ikon ini menyala merah, yang berarti mesin dalam keadaan panas. Nyalakan heater dan kipas agar panas di mesin segera menghilang. Matikan mesin mobil dan buka kap depan agar udara panasnya keluar. Berikan waktu beberapa saat agar mesin dingin kembali.

Periksa atmosphere radiator, jika habis maka Anda dapat menambahkan atmosphere radiator kembali. Jika memang pada saat itu tidak membawa atmosphere khusus radiator, cukup dengan menambahkan atmosphere biasa juga bisa membantu.

Ikon Aki

Jika ikon aki berwarna merah, berarti aki tidak menerima aliran listrik dari alternator. Anda harus mengisi ulang atmosphere aki atau men-charge aki dahulu agar mobil bisa menyala. Biasanya Anda masih bisa menempuh jarak beberapa kilometer dengan ikon ini masih menyala merah. Namun, sebisa mungkin Anda harus segera memeriksakan aki mobil Anda agar tidak mati tiba-tiba di tengah jalan.

Ikon rem

Biasanya ikon rem akan berwarna merah apabila rem tangan sedang digunakan. Namun, apabila ikon ini menyala ketika rem tangan tidak sedang digunakan, berarti oli rem berada dalam kondisi hampir habis. Jika hal itu yang terjadi, segeralah isi kembali oli rem mobil Anda agar fungsi rem tetap berjalan normal.

2. Ikon Berwarna Kuning

Jika ikon menyala kuning, berarti Anda harus melakukan tindakan, tapi tidak harus dilakukan saat itu juga.

 

Ikon ABS

Jika ikon rem atau ABS (Anti-lock Brake System) menyala kuning, berarti sistem ABS tidak berfungsi normal. Rem utama memang tidak terpengaruh, tapi mobil akan selip apabila mengerem mendadak. Terkadang lampu di ikon ini menyala sendiri, padahal rem ABS berfungsi normal. Jika hal itu terjadi, hentikan kendaraan dan matikan mesin. Tunggu hingga lima menit, lalu nyalakan kembali. Biasanya ikon tersebut akan mati kembali.

 

Ikon radiator

Jika ikon ini menyala, artinya jumlah atmosphere radiator mobil Anda hampir habis. Segera isi kembali atmosphere radiator Anda agar mesin tetap dingin. Jika sampai atmosphere radiator habis, mesin mobil joke cepat panas. Akibat terburuknya adalah mesin bisa mogok tiba-tiba.

Ikon mesin

Jika ikon ini menyala, berarti ada sesuatu yang salah terhadap mesin mobil Anda, seperti sistem persneling maupun injeksi bahan bakar. Anda masih bisa berkendara walaupun ikon ini menyala kuning, tapi akan terasa bahwa tenaga yang dihasilkan mesin tidak seperti biasanya dan mesin berjalan secara kasar. Jika demikian, segera arahkan mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa.

Ikon kampas rem

Jika ikon ini menyala, berarti salah satu kampas rem mobil Anda hampir habis, dan Anda harus segera menggantinya dengan yang baru agar rem mobil tetap berfungsi dengan baik. Jika kampas rem sudah habis sepenuhnya, Anda akan mendengar suara gesekan besi dari salah satu anathema mobil, dan pada titik itu fungsi rem mobil akan sangat terpengaruh serta sangat bahaya jika dilanjutkan.


 

Kenali Pertanda Lampu Di Dashboard Mobil was last modified: December 15th, 2014 by tompul
Share
Keywords : fungsi kunci kontak, thermostat vixion dilepas, lampu sein mobil tidak berkedip, gambar indikator dasbor l300, lampu indikator mobil L300, Fungsi tombol mobil starlet, indikator p/s vios nyala, Dashboard pada starlet, thermostat motor dilepas, cara menyalakan lampu mobil l300
tags: injeksi, mesin, service