Kawasaki Ninja 300; Raja jalanan

Share

Kawasaki Ninja telah mendapat tempat di pasar sepeda motor berbagai negara karena bisa memenuhi hasrat bergaya dengan motor sport yang tidak semahal motor bermesin 500 cc ke atas, namun bisa tampil beda, stands out of crowd, di antara ribuan atau malah kalau di Indonesia jutaan motor bermesin kecil.
Melanjutkan kesuksesan itu, setelah versi 125 dan 250, Kawasaki menyentak pasar menengah ini dengan produk barunya: Ninja 300.

Kawasaki Ninja 300

Untuk tahap awal, Ninja 300 baru dijual di pasar Eropa, sedangkan di Australia, menurut Website resmi Kawasaki di sana, telah tercantum banner “coming soon: Ninja 300.”
Karena itu penggemar motor yang khas dengan warna hijau jeruk limau ini bolehlah berharap Ninja 300 akan segera hadir di Indonesia, yang tidak terlalu jauh dari Australia.
Namun sebelum benar-benar hadir di sini, ada baiknya kita mengenal lebih dulu Ninja 300.
Spesifikasi
Mesin empat tak berkapasitas 296 cc dengan silinder ganda siap menaklukkan sebagian besar motor jenis sport handal yang ada di Indonesia, seperti Honda Tiger (200cc), Yamaha Scorpio (225cc) dan tentu juga adiknya sendiri, Ninja 250R.
Sistem pembakaran menggunakan tehnologi injeksi, kapasitas tanki bahan bakar 17 liter, dengan sistem katup double overhead camshaft (DOHC) sebagai bukti kalau motor ini mengadopsi tehnologi modern motor besar secara serius.
Sistem transmisi, seperti yang diharapkan dari motor sport, memakai enam tingkat kecepatan dan tentu saja starternya secara elektrik, karena kaki tidak akan kuat menendang tuas start untuk menghidupkan mesin besarnya, beda dengan motor 200cc ke bawah.
Suspensi depan menggunakan garpu teleskopik sementara bagian belakang memanfaatkan shock breaker gas.
Panjang motor keseluruhan 2 meter, lebar 71,5 cm, tinggi keseluruhan 1,1 meter, jarak sumbu roda 1,4 meter, tinggi jok dari permukaan 78,5 cm, dan berat 172 kg. Untuk yang menggunakan rem anti-lock braking system (ABS), beratnya akan bertambah 2 kg.
Ukuran ban adalah 110/70 R17 (depan) and 140/17 R17 (belakang).
Indikator kecepatan, tanki bahan bakar dan jarak tempuh  menjadi satu dalam layar LCD digital kecil dibandingkan dengan indikator putaran mesin (tachometer) dalam layar analog besar yang mendominasi bagian tengah kemudi.
Fitur Keselamatan
Selain opsi rem ABS, fitur keselamatan lainnya adalah slipper clutch, sistem dalam kopling yang membuat perpindahan gigi lebih mulus dan mencegah ban belakang macet ketika penunggang menurunkan posisi gigi (downshift) secara cepat.
Fitur semacam ini biasanya hanya ditemukan di motor 600 cc ke atas. Kawasaki juga mengembangkan perangkat ABS terkecil di dunia yang bisa pas dipasang pada Ninja 250R dan Ninja 300.
Dalam sepeda motor, tehnologi rem ABS biasanya dipasang pada motor besar. Selain Kawasaki, motor terkecil lainnya yang menggunakan ABS adalah Honda CBR 250.
Jok yang pendek pada Ninja 300 memang dirancang untuk menambah kestabilan dan kemantapan posisi mengemudi dalam kecepatan tinggi.
Ada tiga pilihan warna Ninja 300: hijau khas Ninja, hitam dan putih. Sayangnya range harga Ninja 300 belum dirilis.
Jika memang masuk pasar Indonesia, Ninja 300 tidak akan memiliki tandingan secara harfiah karena memang belum ada pemain di kelas 296 cc.

Kawasaki Ninja 300; Raja jalanan was last modified: September 13th, 2012 by tompul
Share
Keywords : transmisi sepeda motor, macam macam rem, sistem rem pada sepeda motor, macam-macam rem, macam-macam tuas, macam macam tuas, sistem kemudi sepeda motor, cara pasang cdi rc 100 di ninja, bagian bagian sepeda motor, Jenis motor starter
tags: kawasaki ninja 300, kawasaki ninja terbaru