Ini Penyebab Skutik Injeksi Mati Mendadak

Share

skutikXlusi.com, Jakarta - Walau  kebutuhan akan alat transportasi terus meningkat, namun bukan berarti sepeda engine matik injeksi tanpa cela apapun. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah mesin engine ini tiba-tiba mati. Kenapa ya bisa begitu?

Menurut Reno Anggra, pemilik bengkel Pemula Matic yang ada di Depok, Jawa Barat, ada beberapa hal yang membuat engine matik injeksi tiba-tiba mati. Salah satunya adalah filter udara yang tidak bersih.

“Kalau mati mendadak biasanya karena filter udaranya sudah kotor,” ujar pria yang juga mekanik salah satu tim balap lokal ini kepada Xlusi.com, Rabu (27/7/2016).

Sebagaimana diketahui, filter berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Ini berguna agar proses pembakaran lebih maksimal. “Kalau kotor, semprotan ke ruang bakarnya jadi kurang,” tambahnya.

Untuk diketahui, sejumlah indication seperti Mio Soul GT dan Honda Scoopy telah menggunakan filter basah. Tidak seperti filter kering, filter jenis ini tidak bisa dibersihkan kalau sudah kotor melainkan harus diganti.

Reno juga mengatakan penyebab lainnya adalah injektornya yang bermasalah. Injektor yang kotor membuat distribusi bahan bakar tersumbat. Jika ini yang terjadi, maka tak ada cara lain selain membersihkan komponen tersebut.

Motor mati mendadak juga bisa disebabkan karena ring seher macet serta klep yang `nyangkut`. Ini umumnya disebabkan karena kerak sisa bahan bakar. “Harusnya ini menimbulkan kompresi. Kalau nyangkut, kompresinya hilang,” tutup Reno.

Ini Penyebab Skutik Injeksi Mati Mendadak was last modified: July 29th, 2016 by tompul
Share
tags: injeksi, mesin, service, skutik injeksi mati mendadak