Info : Sistem Kemudi Sepeda Motor

Share

Xlusi.com | Untuk mempelajari sistem kemudi sepeda motor silahkan simak artikel berikut ini.

sistem kemudi sepeda motorBagian Sistem Kemudi Sepeda Motor Yang Penting
Bagian Sistem Kemudi Sepeda Motor Yang Penting – Sistem kemudi memungkinkan pengendara dapat merubah arah kendaraan dengan cara menggerakkan kemudi untuk merubah posisi arah roda depan sistem kemudi terdiri dari steering axis dan handlebar.

Caster And Trail

Poros kemudi dipasang pada rangka kendaraan dengan sudut caster tertentu terhadap garis tegaknya, sesuai jarak trailnya. Jarak antara titik dimana sebuah garis imajiner yang ditarik dari steering axis dan memotong garis lantai dengan titik temu roda pada lantai caster merupakan elemen yang sangat penting untuk pengoperasian dan stabilitas kendaraan.

Umumnya sudut caster yang besar dapat menjaga kestabilan pada kecepatan rendah sementara jarak trail yang besar juga menambah kestabilan dan sebaliknya jumlah besaran sudut caster dan trail bisa bermacam-macam tergantung tipe dan karakteristik.

Tipe Kemudi
Kemudi dipasang langsung atau melalui karat penyerap hentakan ke steering stem head yang menghubungkan steering axis ke bagian atas suspensi roda depan atau bagian kiri dan kanan suspensi.

Bentuk dimensi dan konstruksi kemudi tergantung dari tipe dan penggunaan sepeda motor pada umumnya sepeda motor tipe sport ( jalanan halus ) mempunyai kemudi yang lebih tinggi datar atau terpisah sedangkan pada tipe sport ( jalanan kasar ) kemudinya lebih besar.

Posisi kemudi diletakkan sedemikian rupa disesuaikan dengan kedudukan pengendara pada sepeda motor untuk mendapatkan kestabilan pengendaraan yang baik. Pada umumnya lebar dan besaran sudut kemudi ditentukan sesuai standar otomotif.

Steering Axis

Untuk beban / hentakan yang disebabkan kondisi permukaan jalan yang diteruskan melalui suspensi roda depan ( front fork ) beban horizontal saat berputar dan gaya inersia saat pengereman.

Konsekwensinya adalah bearing / bantalan pada steering axis menerima beban dari dua arah, arah radial dan axial karena itu biasanya digunakan bantalan bola ( ball bearings ) kecuali untuk tipe sport yang menggunakan bantalan roda tirus yang dapat menanggulangi beban yang lebih besar.

Radius putar steering axis adalah sudut maksimum kemudi umumnya antara 30 sampai 45 derajat yang dibatasi oleh stopper radius putar stang kemudi dibuat lebih besar untuk penggunaan sepeda motor sport offroad.

 

Info : Sistem Kemudi Sepeda Motor was last modified: April 2nd, 2017 by George Sitompul
Share
Advertisement
tags: Sistem Kemudi Sepeda Motor