Hukum Fisika Yang ada Pada Mesin Mobil

Share

1.  Pressure.

Gaya pada satuan luas, salah satu sifat fluida adalah zat cair ( fluida )   menentukan pascal menyatakan zat cair dalam ruangan tertutup dan diam

( tidak mengalir ) mendapat tekanan maka tekanan tersebut akan ditemukan   ke segala arah dengan sama rata dan tegak lurus bidang permukaannya.

Pengukurannya tekana fluida dibagi 2 macam yaitu :

a.  Tekanan gauge :

Tekanan yang biasanya tidak dipengaruhi oleh tekanan  udara luar( Tek.   Atmosphere ). Atau nilai yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk pada alat   pengukur tekanan.

b.  Tekanan absolute :

Tekanan yang dipengaruhi oleh besarnya tekanan  udara luar.

Tekanan Absolute = Tekana Gauge + Tekanan Atmosphere

 

  2.  Specifis Gravity.

Perbandingan ( ratio ) dan berat jenis ( density ) suatu zat cair   diperbandingkan dengan berat jenis air murni.

Air murni mempunyai specific gravity 1, sedangkan battery electrolyte   mempunyai specificity graffiti 1,26 – 1,28 pads temperature 80°F (26,7°C ).

   3. Viscosity.

Viscosity atau viskositas adalah ukuran kemampuan suatu cairan untuk   mengalir, semakin tinggi viskositasnya kemampuan mengalirnya semakin   berkurang

Contoh :  Oli memiliki viskositasnya lebih baik dari fuel. Fuel mengalir dengan   sangat mudah dibanding oli yang lebih kental mengalir dengan lebih lambat

OIi mesin dengan viskositas rendah bersifat encer dan mengalir dengan   mudah. Oli dengan viskositas tinggi bersifat lebih kental dan mengalir lebih   lambat Viskositas dipengaruhi oleh temperatur bila oli panas, oli lebih encer   dan mengalir lebih cepat daripada bila tempeatur oli dingin.

4. Torque/Torsi

Gaya puntir atau gaya putar yang di desakan poros engkol mesin.

Engine torque adalah hasil kali dari gaya total yang dikerahkan pada kepala   piston ( disebabkan oleh tekanan pembakaran ) dan radius engkol, yakni:

T    =   F  x   r

Dimana : F = P X A

P = Tekanan pembakaran

A = Area puncak ( Crown ) piston.
r = radius engkol

Engine torque meningkat bersama tekanan – tekanan yang lebih kompresi   yang lebih tinggi tekanan pembakaran sebaliknya tergantung pada   perbandingan kompresi dari mesin, temperature awal, dan jumlah fuel.   Engine, torque mungkin dinyatakan dalam dyne-cm, kgf-m. Sebuah mesin   menghasilkan jumlah torque yang berbeda berdasarkan kecepatan putar dari   poros engkol dan faktor – faktor lain.

5.  Leverage

Mechanical lever adalah sebuah batang atau tongkat yang lurus ditunjuk   ditengah – tengah batang tersebut digunakan untuk atau memodifikasi  ( merubah ) gerakan, dan besar gaya ( meneruskan ).

Mechanical lever adalah suatu alat yang digunakan untuk meneruskan dan   menambah gerakan dan gaya.

 

Hukum Fisika Yang ada Pada Mesin Mobil was last modified: October 4th, 2015 by tompul
Share
tags: Gauge, Preesure, Torsi