Honda HR-V Bermasalah Setelah Setahun Diluncurkan

Share

hr-vXlusi.com | Pepatah muncul untuk setiap produk “Tak ada gading yang tak retak” Demikian ungkapan yang bisa dinyatakan pada produk Honda HR-V yang sudah dimunculkan setahun ini, dan tak jarang yang hanya menempuh ratusan kilometer sudah mengalami gejala yang tak mengenakkan pada kendaraan yang mereka gunakan.

Penggunaan Honda HR-V yang dikeluhkan sejumlah pengguna berasal dari berbagai sumber, baik pada eksterior maupun pada interiornya, termasuk sektor kaki-kaki. Jurnalis  dari Xlusi.com coba melisting apa-apa saja penyakit dari crossover garapan Honda ini, yang dirangkum dari berbagai sumber tanya jawab di beberapa media.

Penyakit  Interior Mobil

Setelah pemakaian dengan jarak tepuh 500 km, ada bunyi getar yang sangat mengganggu di dasbor sebelah kiri. Terdengar ada suara seperti kabel beradu di dalam dasbor.

Kaca jendela kanan jika ditutup dan dibawa jalan terasa bergetar, jika ditekan pakai tangan suara tersebut menghilang. Juga kaca bagian depan kalau diperhatikan cekung, sehingga menyebabkan wiper tidak bekerja sempurna di permukaan kaca.

Penyakit Sektor Eksterior

Air rembes di plafon kaca depan juga sudah ada yang mengalami. Adanya indikasi ditandai dengan  noda bekas air diposisi dekat kaca depan dan dekat pintu. Saat dibawa ke bengkel resmi Honda yang dilakukan adalah: Mobil disemprot selama 15 menit. Posisi mobil dalam kondisi horizontal, di jalan rata. Tidak terlihat ada bagian yang bocor.

Setelah itu dicoba teknik lain. Mobil “ditunggingkan” ke depan sekitar 20-30 derajat mensimulasikan posisi mobil sedang di jalan turunan tajam. Hal ini dilakukan karena kejadian rembes terjadi pada saat sedang turunan. Lalu mobil di semprot, dan hasilnya terlihat tetesan air di dalam.

Seal karet kaca depan sepertinya kurang sempurna terpasang. Karet bocor terlihat jelas apabila diamati dari celah plafon bagian dalam.

Hati-hati juga saat memasang kaca film di kaca depan Honda HR-V. Harus memastikan bahwa teknisi pemasang kaca film tidak terlalu banyak menyemprot sabun atau menyemprot secara serampangan ke kaca depan.

Efek yang dapat terjadi bisa menyebabkan indikator transmisi dapat menyala dan indikator rem tangan juga menyala (false alarm). Fog lamp mati, door trim bergetar dan wiper depan bunyi saat hujan.

Apabila hal ini sudah terjadi, yang dapat dilakukan adalah melakukan pengeringan modul-modul yang terletak di dasbor depan. Ternyata, di dasbor depan terdapat lubang kecil yang dapat disusupi oleh air sabun sehingga menyebabkan masalah ini terjadi.

Bemper depan turun, serta fender belakang antara kaca dan body  terdapat celah sehingga memungkinkan masuknya air ke dalam kabin.

Penyakit pada Mesin

Pada Honda HR-V Tipe E, pada saat persneling di pindahkan ke mode “S” dan pada posisi gigi ke 6 dan 7, putaran mesin mentok di 3000 RPM.

Bunyi Pada saat mobil berakselarasi, kemudian saat jalan pelan ada hentakan seperti seperti rantai sepeda motor yang kendur. Bunyi diakibatkan adanya ruang bebas di bagian Drive Shaft.
Sektor Kaki-kaki

Mulai timbul penyakit di km mesin 3.000, terdapat bunyi aneh pada kaki-kaki belakang. Lokasi bunyi umumnya dibagian belakang kanan dekat sokbreker. Akan terdengar berisik saat melewati jalan konblok. Masalah ternyata bersumber dari beam assy rear axle.

Ada juga penyakit lainnya yakni pada bagian kaki-kaki bagian depan. Bunyi ‘gluduk-gluduk’ saat melewati jalan keriting atau rusak saat kecepatan rendah. Sumbernya adalah dari lower arm. Lower arm bawaan pabrik karetnya lebih tipis dan posisi ring-nya kurang kokoh. Sedangkan lower arm pengganti, karetnya lebih tebal dan kokoh.

Setelah 1000 km, selain suara aneh di kaki depan setiap melewati jalan tidak rata, diitambah suara seperti air (krucuk-krucuk) di kaki-kaki belakang. Masalah ini mobil harus menginap selama beberapa hari di bengkel resmi, dan diganti racksteer/modul EPS seharga Rp 14 juta.

Saat ditengah kemacetan sesekali terjadi suara ‘gedeg-gedeg’ saat mobil berjalan stop n go. Masalah tersebut berasal dari driveshaft. Untuk mengatasinya bisa mengganti grease yang berada didalam driveshaft.

 

Honda HR-V Bermasalah Setelah Setahun Diluncurkan was last modified: December 19th, 2015 by tompul
Share
Keywords : sejarah roll depan 2010, dasbor lohan, sejarah roll depan
tags: Honda HR-V Bermasalah, HR-V Bermasalah