High Pressure Pump Pada Mesin Diesel Common Rail

Share

High Pressure Pump

Kerusakan utama pada rotating piston pump adalah tekanan maksimal yang dapat dicapai. Angkanya tepat antara 200 s/d 400 bar, Catatan : tekanan tinggi menjamin transfer lebih cepat, kurang cukup untuk penginjeksian secara cepat terhadap sejumlah bahan bakar yang akan dibakar. Dengan Common Rail, tekanan bahan bakar dapat dinaikkan sampai dengan 1350 bar, sehingga meskipun kecepatannya dinaikkan, tekanan tetap dapat disalurkan. Tekanan tinggi ini tidak hanya untuk mempercepat injeksi namun juga bisa memungkinkan untuk melakukan injeksi awal untuk menyempurnakan proses pembakaran.Semakin tinggi tekanan injeksi, semakin besar efisiensi thermodynamic. Dengan cara ini maka mesin diesel direct injection dapat dikatakan mempunyai efisiensi thermodynamic yang paling besar dibandingkan dengan jenis pembakaran internal lainnya.

high pressure pump

 

High pressure pump (pompa tekanan tinggi) berfungsi untuk menghasilkan tekanan tinggi yang diperlukan untuk penginjeksian bahan bakar, dan untuk memastikan bahwa ada cukupk tersedia bahan bakar (bertekanan tinggi) untuk kerja mesin disegala kondisi. Pompat tekanan tinggi digerakkan melalui putaran mesin yang diambil setengahnya saja melalui toothed belt. Pompa ini dilumasi dan dididinkan oleh bahan bakar yang dipompanya. Bahan bakar dipaksa oleh pre-supply pump ke ruang dalam pressure pump melalui safety valve. Pada saat pump plunger bergerak ke bawah, inlet valve akan membuka dan bahan bakar ditarik ke dalam pumping-element chamber (langkah hisap). Dititik tengah bawah (BDC), inlet valve menutup dan bahan bakar di dalam chamber dapat ditekan oleh plunger yang bergerak keatas

High-pressure accumulator (Common rail) Fungsinya pressure accumulator (Common rail) adalah sebagai berikut :

– Menyimpan bahan bakar

- Mencegah agar tekanan tidak turun-naik (melalui volume yang tepat)

High-pressure accumulator adalah forged-steel tube. Tergantung dari jenis mesinnya, diamater tabungnya adalah sekitar 10mm dengan panjang antara 280 dan 600mm. Untuk menghindari adanya fluktuasi pada tekanan, maka yang dipilih kalau bisa volumenya sebesar mungkin, dengan kata lain diameter dan dan panjangnya harus maksimal. Sedangkan untuk yang volume kecil lebih ditekankan penggunaanya untuk starting cepat, yang artinya bahwa target untuk volume harus: sebisa mungkin kecil, namun sebisa mungkin besar.

High Pressure Pump Pada Mesin Diesel Common Rail was last modified: August 14th, 2016 by tompul
Share
Keywords : pengertian istilah high reability
tags: High Pressure Pump