Generator acetylene

Share

Generator acetylene digunakan untuk memproduksi gas acetylene dengan bahan baku calcium carbide yang direaksikan dengan air. Pemakaian generator untuk memproduksi acetylene dapat menekan biaya operasional dibandingkan dengan memakai acetylene dalam tabung. Keterbatasan yang dijumpai adalah tekanan acetylene yang lebih labil dibandingkan menggunakan tabung. Disamping itu memerlukan operator dan waktu tersendiri untuk mengoperasikannya. Biaya operasional menjadi tidak jauh berbeda bila operator kurang memperhatikan volume bahan baku yang dimasukkan ke dalam generator dengan volumepekerjaan yang akan dilaksanakan pada hari yang sama karena dianjurkan tidak meninggalkan generator yang berisi dalam waktu lama, misal semalam.

Ditinjau dari segi keselamatan kerja, pemakaian generator memerlukan perlakuan yang lebih hati-hati daripada acetylene dalam tabung. Walaupun begitu, generator acetylene masih banyak dipakai di negara berkembang seperti Indonesia karena alasan distribusi acetylene tabung masih belum lancar dan merata, khususnya untuk daerah yang jauh dari industri acetylene atau daerah terpencil yang sarana transportasinya masih terbatas. Proses kerja generator relatif sederhana, yaitu mempertemukan calcium carbide dengan air secara proporsional sesuai dengan kebutuhan gas acetylene. Pertemuan air dengan calcium carbide segera diikuti reaksi yang menghasilkan gas acetylene yang ditampung dalam generator sebelum dipakai. Ditinjau dari sistem bertemunya air dengan calcium carbide, generator dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu : (a) sistem air menetes, (b) sistem desak atau cebur (calcium carbide dijatuhkan ke dalam air sedikit demi sedikit), dan (c) sistem calcium carbide dicelupkan.

Demikianlah keterangan Generator acetylene

Generator acetylene was last modified: March 7th, 2012 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : cara menggunakan tabung reaksi, keterangan lup, cara kerja generator AC, cara penggunaan tabung reaksi, cara kerja lup, cara menggunakan Lup, macam-macam lup
tags: Generator acetylene