Fortuner vs Pajero Sport, Mesin Siapa Paling Bertenaga?

Share

Fortuner vs Pajero Sport, Mesin Siapa Paling Bertenaga?

Xlusi.com | Persaingan di kelas premium SUV kian menggema dengan tampilnya dua SUV yang keren bisa dikatakan sebagai  HOT SUV yang diklaim  bisa memanaskan pasar otomotif Tanah Air tahun depan, pertarungan  All New Fortuner dan All New Pajero Sport, untuk lebih jelas ayo kita  coba bedah  jeroan sumber tenaganya. Tampang sangar so engine pasti ngacir juga dong.

Nah, kedua SUV andalan masing-masing merek ini juga sudah disuguhkan mesin (diesel) yang baru. Menawarkan pengembangan terkini yang berujung pada efisiensi bahan bakar, namun tidak melupakan performa dan tentu saja bakal semain bersih emisi gas buangnya.

Diatas kertas, meski sama-sama mesin baru dengan kapasitas yang sama, yakni 2.4 liter, Pajero Sport yang bertenaga 181 dk dan torsinya 430 Nm lebih unggul soal tenaga dan torsi dibanding Fortuner yang bertenaga 148 dk dan torsi 400 Nm.

Namun, Fortuner punya pilihan mesin diesel lain, berkapasitas lebih besar 2.8 liter. Tenaga yang dihasilkan 175 dk (juga masih kalah dengan mesin 2.4 liter Pajero Sport), namun unggul di torsi yang mencapai 450 Nm. Namun, pertimbangan pajak dan harga jual, kecil kemungkinan Toyota Indonesia memilih mesin 2.8 liter untuk Fortuner.

Mesin All New Pajero Sport Lebih Kecil 100cc

pajero sportMenggantikan mesin sebelumnya, DI-D 2.5-liter yang menghasilkan tenaga 178 dk, mesin baru All New Pajero Sport punya kapasitas yang dipangkas 100cc, menjadi 2,4 liter Commonrail, berteknologi MIVEC dan tetap disokong turbo. Dikatakan Mitsubishi, ini kali pertama diterapkan pada Pajero Sport.

Mesin tersebut punya tenaga lebih besar dari sebelumnya, yakni mencapai 181 dk dan torsinya 430 nm. Meski tenaga lebih besar, tapi konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih hemat sampai 17 persen. Gas buangnya sekarang juga berada dibawah 200 g/km.

Mitsubishi pun menyandingkan mesin barunya ini juga dengan transmisi baru, transmisi otomatis 8 percepatan yang memang sengaja dirancang khusus untuk Pajero Sport, sehingga menjadikan Mitsubishi Pajero Sport terbaru sebagai model Mitsubishi pertama yang menggunakannya.

 

Mesin All New Fortuner Tersedia Dua Pilihan

All New Fortuner ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Mesin diesel turbo direct injection baru 1GD-FTV 2.8-liter dan 2.4-liter Unit 2GD-FTV. Mesin ini pertama di dunia yang mengusung Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN), sehingga diklaim meningkatkan efisiensi sampai 15 persen dan torsi meningkat sampai 25 persen.

toyota

Mesin GD ini juga sudah mengusung fitur Selective Catalytic Reduction (SCR), yang dikatakan Toyota efektif untuk mengeliminir emisi gas buang sampai 99 persen! Sehingga disebut-sebut sudah memenuhi standar emisi Euro 6 untuk mesin diesel.

Mesin berkapasitas 2.8 liter disebut Toyota telah terjadi peningkatan torsi sampai 25 persen dan torsi kecepatan rendah yang ditingkatkan sampai 11 persen. Sedangkan efisiensi bahan bakarnya juga ditingkatkan sampai 15 persen.

Mesin GD berkapasitas 2.8 liter ini bisa memproduksi tenaga sebesar 175 dk dan torsinya 450 Nm, yang sudah bisa dirasakan mulai putaran mesin 1.600-2.400 rpm. Sedangkan mesin GD berkapasitas 2.4 liter, tenaganya sebesar 148 dk dan torsinya 400 nm, bekerja mulai 1.600-3.400 rpm

Fortuner vs Pajero Sport, Mesin Siapa Paling Bertenaga? was last modified: December 16th, 2015 by tompul
Share
Keywords : penemu meteran, letak sekring fortuner, bok sikring portuner, penemu tespen
tags: Fortuner, Pajero Sport