sistem transmisi sepeda motor

You are browsing the archive related for "sistem transmisi sepeda motor"

Kawasaki Ninja 300; Raja jalanan

Kawasaki Ninja telah mendapat tempat di pasar sepeda motor berbagai negara karena bisa memenuhi hasrat bergaya dengan motor sport yang tidak semahal motor bermesin 500 cc ke atas, namun bisa tampil beda, stands out of crowd, di antara ribuan atau malah kalau di Indonesia jutaan motor bermesin kecil.
Melanjutkan kesuksesan itu, setelah versi 125 dan 250, Kawasaki menyentak pasar menengah ini dengan produk barunya: Ninja 300.

Continue Reading →

SISTEM PELUMASAN SEPEDA MOTOR DUA LANGKAH

Sistem pelumasan pada sepeda motor dua langkah tidak sama dengan dengan sepeda motor empat langkah. Pada sepeda motor dua langkah transmisi nya diberi pelumasan tersendiri terpisah dengan poros engkol. Hal ini dikarenakan terpisahnya ruang transmisi dengan ruang engkol, makanya mesin dua langkah harus menggunakan dua macam minyak pelumas. Seperti kita ketahui bahwa kontruksi bak engkol motor dua langkah terbagi ke dalam dua bagian antara lain bak engkol untuk perangkat motor bakar dan bak engkol untuk perangkat kopling, dan gigi transmisi.

Continue Reading →

PELUMASAN PADA SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH

Bahan pelumas harus dapat didistribusikan secara meyakinkan ke semua bagian yang memerlukan. Ada tiga jenis pelumasan pada motor empat langkah:
a. Boundary lubrication, yaitu bila permukaan bearing dilapisi dengan lapisan halus minyak pelumas. Lapisan minyak pelumas ini mempunyai keterbatasan. Bila kekuatan atau berat komponen melebihi batas kemampuannya, maka lapisan tersebut dengan mudah hancur dan akan terjadi keausan.
b. Pelumasan tekan (thin film lubrication), yaitu pelumasan antara dua permukaan juga, tetapi minyak pelumas dialirkan dengan pompa minyak pelumas (tekanan) untuk penggantian dengan minyak pelumas yang baru.
c. Hydrodynamic lubrication yaitu pelumasan yang mampu menahan beban berat seperti batang penggerak dan pada pelumasan roda gigi. Minyak pelumas dengan kekentalan yang lebih tinggi dialirkan sehingga dapat memelihara sistem pelumasan dengan baik. Continue Reading →

PRINSIP PEMINDAHAN TENAGA Pada Sepeda Motor

Prinsip kerja mesin dan pemindahan tenaga pada sepeda motor adalah sebagai berikut: Continue Reading →

Komponen utama sepeda motor

Sepeda motor memiliki beberapa komponen dasar. Pada sepeda motor secara kelompok besar, komponen dasar sepeda motor terbagi atas: Continue Reading →