sedan penggerak roda belakang

You are browsing the archive related for "sedan penggerak roda belakang"

PT Tata Motors Indonesia (TMI); Tata Aria yang berperawakan MPV

PT Tata Motors Indonesia (TMI); Tata Aria yang berperawakan MPV

PT Tata Motors Indonesia (TMI) tak cuma mengandalkan mobil murah sejagat Tata Nano. Produsen mobil asal India itu benar-benar show-off dengan banyak model yang disuguhkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah Tata Aria yang berperawakan MPV , tapi bertransformasi menjadi SUV tangguh karena dibekali dengan gerak empat roda (4×4). Continue Reading →

PRINSIP PEMINDAHAN TENAGA Pada Sepeda Motor

Prinsip kerja mesin dan pemindahan tenaga pada sepeda motor adalah sebagai berikut: Continue Reading →

Kontruksi dan cara kerja CVT

Perkembangan otomotif semakin cepat, orang membutuhkan sesuatu yang smart untuk berkendara, sebagai contohnya adalah motor matic. Bagaimanakah cara kerjanya :

Komponen CVT terdapat pada boks CVT atau secara kasat mata bentuknya adalah lengan ayun sebelah kiri motor matik kita, yang terlihat begitu besar dan berat. Disitu terdapat tiga komponen utama yaitu puly depan(Drive Pulley), puly belakang(Driven Pulley) dan v-belt. Puly depan dihubungkan ke crankshaft engine(kruk-as), driven pulley dihubungkan dengan as gear box. Gear box inilah yang berperan dalam penyaluran energi mekanik terakhir ke roda. Sedangkan yang menghubungkan puly depan dan puly belakang adalah v-belt.

Continue Reading →

Limited Slip Differential

Dalam otomotif yang semakin pesat, khususnya balap, mesin dengan horsepower yang besar membutuhkan traksi yang maksimal di permukaan aspal. Salah satu alat penunjang yang digunakan adalah LSD (Limited Slip Differential). Alat ini dapat diaplikasikan secara luas baik untuk mobil dengan penggerak roda depan maupun belakang, pada mobil-mobil berpenggerak roda depan, LSD ditempatkan di transmisi, sedangkan untuk berpenggerak belakang ditempatkan di gardan/differensial. Dilihat dari fungsinya inilah makanya LSD sering juga disebut dengan sistem penambah traksi dan menjadi alat wajib bagi para pengguna mobil untuk tujuan Drift, Balap, dan Offroad.

Continue Reading →

Viscous Fan/Clutch Fan

Sebuah Fan Clutch adalah sebuah alat yang bereaksi terhadap panas atau suhu di sekitarnya. Kegunaan utama dari alat ini adalah untuk penunjang sistem pendinginan mesin selain radiator. Ketika kondisi mesin sedang dingin atau masih berada dalam temperatur normal mesin, kopling kipas tersebut mengatur supaya kipas tidak bergerak terus-menerus bersama dengan putaran mesin. Inilah yang menjadi keunggulan dari sistem ini yaitu dapat menghemat bahan bakar karena tenaga mesin tidak berkurang untuk menggerakkan kipas pendingin tersebut.

Continue Reading →

Trik Menikung (berbelok)

Menikung atau lebih sering disebut sebagai cornering pada dunia motorsports membutuhkan keahlian tersendiri. Tidak jarang banyak pembalap maupun pengemudi amatir kewalahan dalam menaklukkan sebuah tikungan. Banyak pengemudi yang tidak mengetahui bagaimana cara menikung yang benar dan aman sesuai dengan kendaraan yang mereka kendarai.

Continue Reading →

Pegas Dan Stabilisator

Pegas Dan Stabilisator
Pegas berfungsi untuk menghilangkan getaran karoseri yang ditimbulkan oleh pukulan jalan pada roda
Selain itu juga menjamin roda tetap menapak pada jalan
Pemegasan pada kendaraan dihasilkan oleh : ban, pegas suspensi dan pegas tempat duduk Continue Reading →