sambungan tetap dan sambungan tidak tetap

You are browsing the archive related for "sambungan tetap dan sambungan tidak tetap"

Tips Mengatasi Kelistrikan pada Mobil

Pengetahuan Dini Kerusakan Kelistrikan Mobil 

Dari mekanik/ montir mobil ada yang mengatakan, mencari problem kerusakan kelistrikan pada kendarakan diibaratkan seperti  mencari jarum dalam jerami dan dikatakan lebih sulit dibanding dengan masalah mengatasi problema mesin mobil. Mencari satu bagian yang rusak bisa jadi harus mengurut satu-persatu setiap komponen mobil, dimulai dari aki hingga jalur yang menjurus pada bagian yang rusak listriknya, apalagi jika mobil tersebut sudah menginjak usia senja atau mobil tua. Continue Reading →

Advans Vakum

Advans Vakum
Pada beban rendah atau mencegah, kecepatan bakar rendah karena tolakan rendah, temperatur rendah, campuran kurus. Oleh karena itu waktu pembakaran menjadi lebih lama, Agar mendapatkan tekanan pembakaran maksimum tetap dekat sesudah TMA, saat pengapian harus dimajukan Continue Reading →

Pengenalan Las Busur Listrik

Las merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyambung dua bagian logam menjadi satu bagian yang kuat dengan memanfaatkan energi panas. Apabila las oxyacetylene menggunakan panas dari gas karbit dan oksigen, pad alas busur nyala listrik ini, panas diambil dari arus listrik yang mengalir diantara dua logam.

Continue Reading →

Macam-macam PUSH-ON CLIPS

Macam-macam PUSH-ON CLIPS

Push-On Clips dari Bahan Baja Pelat
1. Simple push-on clips.
Terdapat beberapa jenis push-on clips, salah satu jenis push-on clips yang sangat sederhana adalah simple push-on clips.

Continue Reading →

Mur Pengunci dari Baja Pelat (Spring Steel Fasteners)

Mur Pengunci dari Baja Pelat (Spring Steel Fasteners)

Penggunaan mur pengunci dari baja pelat memberikan kontribusi langsung pada perkembangan industri otomotif, dimana penggunaan mur jenis ini mampu meningkatkan efisiensi produksi dan waktu perakitan. Data penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% total biaya pembuatan bodi kendaraan terletak pada pekerjaan perakitan. Sebagian besar disebabkan oleh waktu pengerjaan yang terbuang untuk mengambil dan merakit komponen-komponen yang cukup kecil. Penggunaan mur pengunci dari baja pelat mampu meningkatkan efisiensi pekerjaan dibandingkan dengan menggunakan metode pengencang mur dan baut pada umumnya.

Continue Reading →

BAUT DAN MUR (BOLTS & NUTS)

a. Baut
Baut digunakan secara luas dalam industri kendaraan bermotor. Pada kendaraan bermotor terdapat banyak sekali komponen yang dibuat secara terpisah, kemudian disatukan menggunakan baut dan mur agar memudahkan dilakukan pelepasan kembali saat diperlukan, misalnya untuk melakukan pekerjaan perbaikan atau penggantian komponen.

Continue Reading →

Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI

Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI, dapat diketahui dengan cara sebagai berikut :
a. Letakkan sepeda motor pada standar utamanya.
Catatan:
Malfunction indicataor lamp (MIL) akan berkedip-kedip sewaktu kunci kontak diputar ke “ON” atau putaran mesin di bawah 2.000 putaran permenit (rpm). Pada semua kondisi lain, MIL akan tetap hidup dan tetap hidup.
b. Putar kunci kontak ke posisi “ON”.
c. Malfuction indicator (MIL) berkedip-kedip.
d. Catat berapa kali MIL berkedip dan tentukan penyebab persoalan.

Continue Reading →